Pimpinan Umum, Pimpinan Redaksi Beserta Seluruh Jajaran wartawan dan staf HARIAN9, Mengucapkan Selamat Sukses Atas Terbentuknya PD BARUPAS KOTA MEDAN Pimpinan Umum, Pimpinan Redaksi Beserta Seluruh Jajaran wartawan dan staf HARIAN9, Mengucapkan Selamat Kepada Saudara Ir. KHAIRI AMRI Atas Terpilih Menjadi KETUA PW BARUPAS SUMATERA UTARA PERIODE 2018 - 2023

Danramil 0824/18 Kencong Hadiri Peletakkan Batu Pertama Pembangunan Irigasi

Harian 9 author photo

JEMBER| H9
Bertempat di lahan pertanian Kelompok Tani “Tani Maju” Dsn Ponjen Desa Kencong Kec Kencong Kab Jember pada Rabu (10/10/2018) Pukul 08.00 WIB, dilaksanakan peletakkan Batu Pertama dan tasyakuran pembangunan saluran irigasi sepanjang 500 meter.

Hadir pada kesempatan tersebut Danramil 0824/18 Kencong Kapten Cba Beteng Irianto, Camat Kencong Susmadi, ST, Kapolsek Kencong AKP Saidi, Kepala Desa Kencong Ahmadi, Pengawas Pengairan Wil Gumukmas-Kencong Masyono, Petugas Penyuluh Lapang (PPL) Murdoso Mulyo, Babinsa Kopka Jamuhur dan anggota Pok Tani sebanyak 27 orang.

Murdoso Mulyo mewakili Dinas Pertanaman pangan menyampaikan terima kasih Kepada kelompok tani “Maju Tani” Desa Kencong yang berinisiatif membangun drainese sepanjang 500 meter ini dengan anggaran dana swadaya petani, hal ini perlu kita apresiasi bersama, selama ini memang kondisi saluran irigasi tersebut menjadi kendala karena sering mengalami pendangkalan sehingga kurang optimal dalam mensuplay pengairan irigasi kesawah petani.

Danramil 0824/18 Kencong Kapten Inf Beteng Irianto didampingi Camat dan Kapolsek juga menyampaikan hal senada, kelompok tani Maju Tani ini memiliki kesadaran dan keompakan yang tinggi sehingga mampu berbuat untuk membenahi saluran irigasinya dengan swadaya, walaupun sebenarnya saluran ini sudah masuk invetarisasi  pengajuan  pada pembangunan irigasi tahap yang akan datang. 

Namun karena memang kita juga belum dapat memastikan kapan pembangunan melalui Dinas Pengairan tersebut dilakukan sehingga petani memutuskan untuk membangun secara swadaya agar kendala yang dihadapi petani segera ada solusi.

Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar menyikapi kegiatan tersebut menyampaikan apresiasinya terhadap kekompakan kelompok tani tersebut sehingga mampu mewujudkan pembangunan irigasi secara swadaya, dalam rangka peningkatan produksi pertanian irigasi memang menjadi hal yang juga harus mendapatkan perhatian, untuk itu kepada Babinsa dan Koramil agar membantu tenaga dalam pengerjaannya.

Seluruh saluran irigasi di lahan persawahan di Kabupaten jember memang sudah saya perintahkan untuk diinventarisir baik yang sudah mendapatkan program pembangunan maupun yang belum sehingga dapat diajukan pada program pembangunan berikutnya dan berkoorninasi dengan UPT Pengairan di wilayah masing-masing.

"Hal tersebut  tentunya dalam rangka mengawal pembangunan insfrastruktur pertanian dalam rangka meningkatkan produksi pertanian guna munjang program ketahanan pangan nasional," pungkas Letkol Inf Arif Munawar. (Sis24)   
Editor: Mardan H Siregar

(Foto: Sis24) 

  
Komentar Anda

Berita Terkini