Pimpinan Umum, Pimpinan Redaksi Beserta Seluruh Jajaran wartawan dan staf HARIAN9, Mengucapkan Selamat Sukses Atas Terbentuknya PD BARUPAS KOTA MEDAN Pimpinan Umum, Pimpinan Redaksi Beserta Seluruh Jajaran wartawan dan staf HARIAN9, Mengucapkan Selamat Kepada Saudara Ir. KHAIRI AMRI Atas Terpilih Menjadi KETUA PW BARUPAS SUMATERA UTARA PERIODE 2018 - 2023

Desa Silaiya Jadi Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan

Harian 9 author photo

TAPSEL| H9
Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Kota Padangsidimpuan, menunjuk Desa Silaiya, Kecamatan Sayurmatinggi, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), sebagai Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.

"Dipilihnya Desa itu sebagai Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan karena, mayoritas warga di tempat itu pekerja mandiri, seperti, petani dan pekebun," ujar Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Kota Padangsidimpuan, Zainal Fakhruddin, saat meresmikan Desa Silaiya sebagai Desa Dadar Jaminan Dosial Ketenagakerjaan, Selasa (23/10)

Acara peresmian tersebut dihadiri Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu, diwakili Sekdakab Tapsel Drs. Parulian Nasution, MM, Plt. Kadis Kesehatan Drs. Marasaud, Kadis Ketenagakerjaan Amros Karang Matua, SH, Kadis PMD Muhammad Yusuf, Sekcam Sayur Matinggi, Lurah/Kepala Desa se-Kecamatan Sayur Matinggi, tokoh masyarakat dan masyarakat setempat. 

Menurut Fakhruddin, warga Desa Silaiya, sudah selayaknya masuk dalam keanggotaan BPJS Ketenagakerjaan, sehingga kedepannya memiliki jaminan dari pemerintah. Untuk itu, Desa Silaiyya berkesempatan untuk mengikuti pemilihan Desa terbaik program Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan ditingkat nasional

"Di Indonesia, sudah ada 200 Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan. Desa Silaiyya akan bersaing dengan Desa lainnya untuk dipilih menjadi Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan," imbuhnya.

Ia menambahkan, dalam mendukung program tersebut  BPJS Ketenagakerjaan Cabang Padangsidimpuan, akan berkesinambungan untuk melakukan pembinaan terhadap warga, seperti, sosialisasi tentang pentingnya ikut serta dalam BPJS Ketenagakerjaan.

”Kami akan sering berkunjung ke tempat ini untuk sosialisasi dan pembinaan, karena, tujuan pemerintah membuat BPJS adalah, untuk mendekatkan diri kepada masyarakat. BPJS Ketenagakerjaan akan mendorong seluruh masyarakat untuk memiliki jaminan ketenagakerjaan," tuturnya.

Sementara itu, Bupati Tapsel, Syahrul M Pasaribu, SH, melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Drs. Parulian Nasution, MM mengatakan, Pemerintah Kabupaten Tapsel akan mewajibkan seluruh Kepala Desa di Tapsel untuk melibatkan warganya bergabung dengan program BPJS Ketenagakerjaan, terutama aparatur desa, kami meminta agar seluruhnya menjadi anggota BPJS. 

Dikatakannya, program ini merupakan salah satu terobosan yang dibuat Bupati Tapsel, Syahrul M Pasaribu, dengan memasukkan seluruh Kepala Desa di wilayah ini sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan. Untuk itu, diminta kepada seluruh Kepala Desa, agar mengikuti dan melaksanakan program itu di Desa masing-masing.

”Kita pantas berterima kasih kepada beliau (Bupati), karena dia yang membuat program itu. Siang dan malam bapak Bupati terus memikirkan rakyatnya, sehingga, sudah jadi kawajiban seluruh Kepala Desa untuk mengikuti kebijakan yang sudah dilakukan oleh Bupati," tegasnya.

Acara peresmian Desa Silaiyya sebagai Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan ditandai dengan penandatanganan MoU Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan antara Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Padangsidimpuan, Zainal Fakhruddin dan Kepala Desa Silaiya, Safri Tua Nasution.

Acara itu juga dilanjutkan dengan penyerahan kartu secara simbolis kepada pekerja dan penyerahan sertifikat agen 'Perisai' Desa Silaiya yang sudah sah dan aktif dapat melakukan pendaftaran calon peserta. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar 

Bupati Tapsel, Syahrul M Pasaribu, SH, diwakili Sekdakab Tapsel Drs. Parulian Nasution, MM menyerahkan kartu BPJS kepada perwakilan, usai peresmian Desa Silaiya sebagai Desa Dadar Jaminan Dosial Ketenagakerjaan, Selasa (23/10). (Foto: Riswandy)



Komentar Anda

Berita Terkini