Buya Rafdinal,S.Sos.,MAP

Buya Rafdinal,S.Sos.,MAP
Caleg DPRD Kota Medan Dapil 1 No. 4

Diterjang Longsor, Puluhan Tiang Listrik Rubuh Timpa Rumah Warga

Harian 9 author photo
TAPSEL| H9
Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) menimbulkan longsoran tanah dari tebing perbukitan di tepi Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) di Kecamatan Sayur Matinggi, Kabupaten Tapsel, menyebabkan puluhan tiang listrik milik Perusahaan Listrik Negara (PLN) rubuh karena diterjang longsor, hingga menimpa sejumlah rumah warga di tepi jalan, Jumat (12/10/2018).

Selain menimpa rumah warga tiang listrik yang tumbang juga menyebabkan  kemacetan arus lalu lintas hingga satu kilometer lebih, akibat terhabat tiang listrik yang tumbang ke tengah jalan dan kaber listrik yang menjulur sehingga membahayakan warga yang melintas.

Informasi yang di himpun, longsor tanah yang berasal dari tebing perbukitan tepi jalan terjadi sekira pukul 08.00 Wib sampai pukul 12.00 Wib akibat hujan lebat seharian yang mengguyur wilayah tersebut. Selain merubuhkan tiang listrik, material longsor juga meninbun sebahagian badan jalan, sehingga ruas jalan tertutup total sekira 4 jam.

Saad Siregar (38) seorang pengendara yang melintas mengatakan, tumbangnya tiang listrik hingga menutup sebahagian ruas jalan akiabat diterjang material longsor yang jatuh dari tebing bukit pinggir jalan.

Ia mengatakan, untuk meminimalkan risiko akibat longsoran yang sewaktu-waktu akan berjatuhan dari tebing bukit, ia terpaksa menghentikan kendaraan dan menunggu kondisi aman dengan menhentikan kenderaan agak jauh dari lokasi longsor.

“ Saya sengaja memberi jarak antara lokasi longsor dengan kendaraan agar tidak terdampak material longsor, “ kata Saad Siregar yang datang dari Kota Padang hendak menuju Kota Padangsidimpuan.

Terpisah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tapsel H.Ilham Suhardi, SH mengatakan, akibat peristiwa longsor tersebut, pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak Bina Marga Padangsidimpuan dan PLN wilayah Padangsidimpuan agar segera mengirimkan alat berat guna membersihkan matetial longsor dan memutis sementara jaringan listrik.

Selain itu juga, BPBD telah mendata kerusakan rumah warga yang di timpa tiang listrik PLN dan petugas Sat Lantas Polres Tapsel juga telah diterjunkan ke lokasi untuk mengatur kemacetan lalu lintas dari dua arah yang berbeda.

“ Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu  tanah longsor tersebut, namun ada satu unit rumah warga di tepi jalan yang mengalami kerusakan parah akibat ditimpa tiang listrik PLN, “ ujar Ilham

Ia juga mengimbau agar warga khususnya yang bermukim di lereng perbukitan untuk tetap waspada, mengingat cuaca yang cukup ekstrim, sehingga sangat rawan terhadap terjadinya bencana longsor maupun banjir.

Terpisah, Kasat Lantas Polres Tapsel AKP Muru Yasnal, SH melalui Kanit Reg Ident Ipda Tongan Siregar, SH mengatakan, pihaknya bekerjasama dengan Polsek Batang Angkola dan Satpol PP Tapsel telah terjun ke lokasi longsor untuk mengamankan arus lalu lintas, sekaligus membersihkan matetrial longsor yang menimbun sebahagian badan jalan.

“ Secara perlahan arus Lalu Lintas sudah mulai lancar, namun kita utamakan yang melintas adalah mobil pribadi dan angkutan umum. Sementara untukl kenderaan bertonase besar dan berat kita sarankan untuk tidak dulu melintas sampai kondisi jalan normal, “ terang Tongan Siregar.  (Wan9)


Komentar Anda

Berita Terkini