Gubernur Sumut Bersama MNSBNI Tanam 10.000 Pohon di Pantai Cermin

Harian 9 author photo
SERDANG BEDAGAI| H9 
Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi bersama seribuan anggota Majelis Nichiren Shoshu Buddha Dharma Indonesia (MNSBDI) dari Sumut dan berbagai daerah di Indonesia, menanam 10.000 pohon di Pantai Desa Lubuk Saban, Kecamatan Pantai Cermin, Serdang Bedagai, Minggu (21/10). Pohon yang ditanam antara lain mangrove/bakau, kelapa, ketapang, cemara laut dan trembesi.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi menyampaikan, sesuai tema yang diusung ‘Lindungi Pantaiku Makmur Bangsaku’, maka kegiatan penanaman pohon tersebut diharapkan dapat mendorong masyarakat Sumut untuk selalu menjaga alam dan kelestarian lingkungan.

“Melalui kegiatan ini hendaknya  kita selalu menjaga kelestarian lingkungan dan menjaga alam kita. Salah satunya agar terhindar dari bencana alam,” ujarnya.

Gubernur Edy mengatakan, permasalahan lingkungan menjadi tanggung jawab bersama, bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja, namun juga masyarakat dan lembaga peduli lingkungan. "Kita alami bersama beberapa waktu belakangan ini, cuaca yang sangat ekstrim, sehingga menimbulkan bencana. Sebenarnya ini semua merupakan ulah dari kita sendiri. Mari kita jaga kelestarian alam untuk anak cucu kita," katanya.

Edy pun berharap, kedepan, kegiatan sosial kemasyarakatan dan peduli lingkungan yang merupakan program Wahana Negara Raharja (WNR) dapat menjadi contoh bagi masyarakat  agar selalu menjaga kelestarian lingkungan.

Sementara itu, Ketua Majelis Nichiren Shoshu Buddha Dharma Indonesia Pandita Utama Aiko Senosoenoto menjelaskan bahwa kegiatan penanaman pohon ini merupakan kegiatan tahunan dalam rangka memperingati Hari Jadi MNSBDI yang ke 54 dengan tema Hati Untuk Negeri.

"Sesuai ajaran Budha, kita senantiasa memikirkan dan mewujudkan kebahagian orang lain. Siapapun kita harus memberikan yang terbaik dan sungguh dari hati kita yang tulus. Kegiatan ini dalam rangka ucapan terimakasih kepada alam, "ucapnya.

Irwansyah Prasida, selaku Ketua Pusat Gerakan Peduli Sekitar Kita (GPSK) mengatakan penananman pohon ini bertujuan agar daerah Sumatera Utara (Sumut), khususnya Serdang Bedagai (Sergai) menjadi daerah yang teduh dan indah, hasil laut melimpah sehingga dapat meningkatkan kemakmuran masyarakat.

Ketua INTI Sergai Budi Sumalim mengatakan, bahwa kegiatan penananaman pohon ini dalam rangka mewujudkan keinginan masyarakat agar tercipta pantai wisata. Juga memberikan ajaran pada umat Budha agar peduli dan mencintai pada lingkungan. "Jika lingkungan baik, maka kehidupan kita juga baik,” ungkapnya.

Ketua Panitia Buyung Ali menjelaskan bahwa kegiatan ini sebagai bentuk balas budi umat beragama terhadap bangsa dan negara, agar jangan merusak alam tetapi bagaimana memperbaiki dan menjaganya. "Mari kita sebagai umat beragama untuk bersama sama menjaga kelestarian lingkungan,” pungkasnya.

Turut hadir Wabup Sergai Darma Wijaya, OPD Pemprov Sumut dan Sergai, berbagai unsur organisasi dan komunitas seperti Muhammadiyah, NU, GP Anshor, GAMKI, USU, Pramuka, remaja masjid, komunitas adat dan budaya, mahasiswa, umat budha  dan masyarakat sekitar.(Jae9)

 Gubsu Edy Rahmayadi bersama Majelis Nichiren Shoshu Budha Dharma Indonesia (MNSBDI) menanam bibit pohon berbagai jenis antara lain Bakau, Cemara, ketapang, dan Kelapa di Desa Pantai Lubuk Saban, Kec. Pantai Cermin, Kab. Serdang Bedagai (ist)


Komentar Anda

Berita Terkini