Kawasan Dampingan Pertamina Tuan Rumah Festival Kampung Lele II

Harian 9 author photo
ACEH TAMIANG| H9
Tanah Berongga Kampung Tanjung Seumantoh Kecamatan Karang Baru Kabupaten Aceh Tamiang Adakan kegiatan Festival Perikanan Kampung Lele II. Senin (29/10/2018). 

Miswanto Ketua Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Aceh Tamiang dalam laporannya menyampaikan,"Festival ini yang ke-2, kedepan akan dilaksanakan ditempat lain, dengan model kegiatan yang berbeda", terangnya.

"Tahun ini telah disiapkan sekitar 5 hektare kolam air tawar dan tahun depan akan disiapkan bibitnya",tegas Miswanto.

Pada kesempatan yang sama Asmayudin Datuk Penghulu (kepala Desa-red) Kampung Kebun Tanjung Seumantoh dalam sambutannya menyampaikan,"Tanah Berongga merupakan bagian dari Dusun Makmur yang sudah cukup dikenal dengan Budidaya Lele, bahkan manfaat dari sebuah kerjasama, Kodim 0104 Aceh Timur berhasil menjadi juara pertama tingkat Nasional",jelasnya.

"Semoga kedepan Tanah Berongga dapat terus maju dalam pengembangan Budidaya Lele", tegas Datok.

Kesempatan yang sama pula Ir.Fuadi Kepala Dinas Pangan, Perikanan dan Kelautan menyampaikan,"kelompok budidaya Lele ini berdiri atas inisiasi dari PT.Pertamina pada tahun 2011 dan merupakan bagian dampingannya untuk program CSR", terangnya.

"Setelah even ini, akan diupayakan untuk membuat kegiatan secara rutin dan berkesinambungan", tegas Fuadi. Dalam kesempatan tersebut juga, Bupati Aceh Tamiang H.Mursil, SH.MKn menyampaikan,"diharapkan dengan festival lele dapat terus digalakkan budidayanya, dan lebih difokuskan untuk pemenuhan kebutuhan di Aceh Tamiang,"terangnya.

"Dari kegiatan festival Kampung lele  ini nantinya Aceh Tamiang dapat menjadi juara ditingkat Nasional.

"Perlu juga dipersiapkan produk-produk lain dari olahan ikan lele, agar daya tarik kampung ini dapat diketahui masyarakat luas", tegas Bupati.

Sementara itu disela-sela kegiatan tersebut, Hari Widodo Field Manager Pertamina Rantau,  melalui Irfan Asisten Manager menyampaikan,"pada 2011 tanah berongga merupakan bagian dari dampingan Pertamina, tapi mulai 2017 sudah menjadi mitra Pertamina", ungkapnya.

"Diharapkan nantinya dapat tercapai program one vilage one produk dan menjadi Kampung tujuan wisata.

"Pertamina akan terus membantu program-program yang dijalankan oleh Kampung lele, diantaranya hari ini kita ikut mensponsori acara tersebut dan Persatuan Wanita Patra (PWP) turut serta dalam kegiatan lomba memasak", jelas Irfan.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Camat .Karang Baru, Koramil Karang Baru, Fandi Prabudi Legal & Relation Pertamina Rantau, Ketua TP-PKK Aceh Tamiang, Perwakilan PWP Pertamina Rantau dan tamu undangan lainnya. (Dani9)



Komentar Anda

Berita Terkini