Kelompok Media Tradisional Paluta Raih Juara Harapan III Lomba Pentas Rakyat Tingkat Provsu Tahun 2018

Harian 9 author photo

PALUTA| H9
Kelompok media tradisional kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) berhasil meraih juara harapan III pada pentas pertunjukan rakyat tingkat Provinsi Sumatera Utara (Sumut) yang diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Provinsi Sumut, Selasa (16/10) lalu.

Lomba pementasan media tradisional pertunjukan rakyat Sumut yang digelar di gelanggang mahasiswa Universitas Sumatera Utara dibuka oleh Gubsu Edi Rahmayadi diwakili oleh Kadis Kominfo Sumut Drs H M Fitriyus SH MSP mengangkat tema ‘Media tradisional pertunjukan rakyat Sumut sadar teknologi informasi dan memelihara kearifan lokal.

Dalam lomba pementasan media tradisional rakyat yang bertujuan untuk mengembangkan media tradisional atau media tatap muka yang efektif menyampaikan informasi kepada masyarakat serta mampu bersinergi dengan media lain dalam upaya memperlancar arus informasi, kabupaten Paluta berhasil meraih juara harapan III dari peserta sebanyak 15 kelompok media tradisional kabupaten/kota se Sumut. 

Kepala Dinas Kominfo Sumut Anwar Sadat Siregar melalui Kabid Statistik dan Informasi Sri Asmarini Wali SSTP MSi mengaku cukup bangga dengan prestasi yang berhasil diraih kelompok media tradisional Paluta yang merupakan binaan Diskominfo Paluta.

“Kita sangat bangga dengan prestasi yang diraih, sebab ini baru pertama kali kita ikut lomba dan kelompok media tradisional ini baru terbentuk dan dibina dalam beberapa bulan ini,” ujarnya kepada wartawan, Senin (22/10).

Lanjutnya, tantangan dan ancaman yang melingkupi generasi muda saat ini semakin kompleks, selain dituntut memiliki kualitas kemampuan dan keahlian yang handal ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi atau pun dunia kerja, bahaya narkoba, paham-paham radikal seperti komunisme dan terorisme, berbagai tindakan kejahatan dan lain sebagainya. 

Dikatakannya, raihan prestasi kelompok media tradisional Paluta yang menampilkan pementasan seni rakyat berjudul ‘Legenda Candi Bahal’ ini diharapkan dapat menjadi motivasi untuk fasilitasi pemanfaatan media pertunjukan rakyat dengan tujuan untuk melakukan inovasi dan terobosan agar seni pertunjukan tetap mampu bangkit dan merebut hati masyarakat serta merebut pasaran tanpa menghilangkan nilai tradisionalnya.

“Kegiatan positif dalam mengembangkan kemampuan diri dan kelompok untuk meningkatkan keimanan kepada Tuhan yang Maha Esa, daya saing, kemampuan dan keahlian, etika moral, budaya luhur dan karakter bangsa dengan nilai luhur dan pandangan hidup bangsa yakni Pancasila yang harus kita jaga dan kembangkan,” jelasnya.

Pada kesempatan ini, ia mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut berperan aktif dalam pengembangan kelompok pentas seni media tradisional Paluta sehingga berhasil meraih prestasi yang cukup membanggakan kabupaten Paluta. (Dek9)
Editor: Mardan H Siregar

Kelompok seni teater tradisional Paluta yang menampilkan pementasan seni rakyat dengan judul ‘Legenda Candi Bahal’ berhasil meraih juara harapan III pada lomba pementasan media tradisional pertunjukan rakyat Sumut yang digelar di gelanggang mahasiswa USU, Medan, Selasa (16/10) lalu. (Foto: Akhir S Rambe)





Komentar Anda

Berita Terkini