Kepala BPS Medan Ikut Ngubin

Harian 9 author photo

MEDAN| HARIAN9
Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Medan Herman, SE.MSi ikut turun mengubin di Kelurahan Tanjung Rejo Kecamatan Medan Sunggal, Kamis  (04/10/2018). 

Upaya perbaikan data pangan yang dilakukan oleh BPS bekerjasama dengan BPPT adalah menggunakan aplikasi untuk mengestimasi produksi padi. Aplikasi yang diterapkan ini adalah Kerangka Sampel Area (KSA). 

Metode KSA ini mengintegrasikan data spasial dan data lapangan dengan teknologi komunikasi digital yang lebih obyektif, sehingga data pertanian yang dikumpulkan menjadi lebih akurat dan tepat waktu. 

Selain perbaikan data produksi padi, upaya perbaikan lainnya yang saat ini sedang dilaksanakan oleh Badan Pusat Statistik adalah Survei Konversi Gabah Beras. 

Dikatakannya, sesuai dengan arahan BPS RI pekerjaan ubinan ini berdasarkan sampel data yang dihasilkan dari Aplikasi pendataan dengan metode  Kerangka Sampel Area (KSA). 

"Segmen yang terpilih dari Aplikasi pendataan dengan metode Kerangka Sampel Area (KSA) itulah yang akan diubin. Dan untuk tahun depan direncanakan Aplikasi pendataan dengan metode Kerangka Sampel Area (KSA) ditambah dengan tanaman palawija, tidak hanya padi sawah saja," ujarnya.

Di segmen Kelurahan Tanjung Rejo Kecamatan Medan Sunggal ini ada 4 (empat) sub segmen yang dibuin dengan hasil rata-rata 2,5 kg padi/6,25 meter bujur sangkar. (03)
Editor: Mardan H Siregar

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Medan Herman, SE.MSi sedang menimbang hasil ubinan bersama dua orang KSK. (Foto: Mardan H Siregar)

Komentar Anda

Berita Terkini