Pimpinan Umum, Pimpinan Redaksi Beserta Seluruh Jajaran wartawan dan staf HARIAN9, Mengucapkan Selamat Sukses Atas Terbentuknya PD BARUPAS KOTA MEDAN Pimpinan Umum, Pimpinan Redaksi Beserta Seluruh Jajaran wartawan dan staf HARIAN9, Mengucapkan Selamat Kepada Saudara Ir. KHAIRI AMRI Atas Terpilih Menjadi KETUA PW BARUPAS SUMATERA UTARA PERIODE 2018 - 2023

Ketua DPRD: Santri Diminta Aktif Sebarkan Iklim Sosial Yang Kondusif

Harian 9 author photo

PADANGSIDIMPUAN| H9
Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padangsidimpuan Hj. Taty Aryani Tambunan, SH mengharapkan, kalangan santri diminta turut aktif menyebarkan iklim sosial yang kondusif. Salah satunya adalah lewat pesan-pesan kedamaian yang disebar melalui media sosial. 

Cara sederhana menjaga iklim kondusif adalah dengan cara memberikan komentar dan opini dengan bahasa santun dan bertanggung-jawab serta penuh hikmah dan demi jaga stabilitas sosial di masyarakat.

“Santri harus terpanggil memanfaatkan media sosial senantiasa sebarkan kedamaian kepada siapapun,“ kata Taty Aryani Tambunan, SH, di sela-sela menghadiri peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2018 tingkat Kota Padangsidimpuan di halaman Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Istiqomah, Desa Huta Padang, Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara, Kota Padangsidimpuan, Senin (22/10).

Lebih lanjut Taty mengatakan, pemerintah sadar betul bahwa, kontribusi santri kepada bangsa dan negara ini sungguh luar biasa dan penetapan hari santri adalah wujud pengakuan juga penghargaan negara kepada kaum santri atas kiprahnya menjaga dan merawat NKRI.

Selain pengakuan dan penghargaan negara kepada santri, maka penetapan hari santri sesungguhnya dimaksudkan sebagai penegasan peneguhan tanggung-jawab santri terhadap negara.

“Jadi, dengan adanya hari santri, kaum santri itu dikukuhkan untuk memiliki kesadaran yang tinggi akan tanggung jawabnya terhadap eksistensi dan masa depan bangsa negara kita tercinta,“ ujarnya.

Menurutnya, merayakan Hari Santri sejatinya memperjuangkan nilai-nilai Islam dan jati diri ke Indonesiaan sebagai satu kesatuan. Demikian sebaliknya memperjuangkan ke Indonesiaan tanpa melupakan nilai ke Islaman dan memiliki ciri yang cinta tanah air dengan berlandaskan agama.

“Santri memiliki sejarah resolusi jihad, tidak semata membela kepentingan pesantren atau kaum santri tapi lebih luas adalah cintanya kepada tanah air. Oleh karena itu diharapkan para bisa menumbuhkan semangat persatuan dan persaudaraan di kalangan masyarakat,“ ucap dia.

Pada kesempatan itu, Taty  menyampaikan ucapan terima kasih kepada para santri yang telah hadir pada upacara peringatan HSN ini dan bersyukur bahwa tanggal 22 Oktober, sudah di deklarasikan oleh Presiden Jokowi secara resmi sebagai HSN seperti yang diperingati hari ini.

Pada kegiatan Hari Santri, dirangkai dengan penyerahan thropy dan uang pembinaan kepada para santri yang meraih juara di berbagai perlombaan Hari Santri Nasional tingkat Kota Padangsidimpuan tahun 2018.

Perlombaan yang diprakarsai Pemko Padangsidimpuan melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setdakota Padangsidimpuan hadiahnya diserahkan oleh Walikota Padangsidimpuan Irsan Efend Nasution, SH, Wakil Walikota Padangsidimuan Ir. H Arwin Siregar, MM,  Ketua DPRD Kota Padangsidimpuan Hj. Taty Aryani Tambunan, SH, Fokopimda dan Kabag Kesra Ery Sifana, SSTP. (Wan9)  
Editor: Mardan H Siregar
                                                                                              
Ketua DPRD Kota Padangsidimpuan Hj. Taty Aryani Tambunan, SH meyerahkan hadiah kepada para santri yang meraih juara di berbagai perlombaan pada peringatan HSN tingkat Kota Padangsidimpuan tahun 2018 di halaman Ponpes Darul Istiqomah, Desa Huta Padang, Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara, Kota Padangsidimpuan, Senin (22/10). (Foto: Riswandy)



Komentar Anda

Berita Terkini