Pimpinan Umum, Pimpinan Redaksi Beserta Seluruh Jajaran wartawan dan staf HARIAN9, Mengucapkan Selamat Sukses Atas Terbentuknya PD BARUPAS KOTA MEDAN Pimpinan Umum, Pimpinan Redaksi Beserta Seluruh Jajaran wartawan dan staf HARIAN9, Mengucapkan Selamat Kepada Saudara Ir. KHAIRI AMRI Atas Terpilih Menjadi KETUA PW BARUPAS SUMATERA UTARA PERIODE 2018 - 2023

Komitmen LMAN dalam Pengadaan Tanah untuk Jalan Tol

Harian 9 author photo

JAKARTA| H9
Direktur Utama Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) dengan Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) dan para Direksi Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) menandatangani MoU mengenai Pembayaran Dana Pengadaan Tanah Infrastruktur Jalan Tol.  

MoU yang dilakukan di Hotel Borobudur Jakarta pada Jumat (05/10) tersebut merupakan bentuk komitmen LMAN bersama BPJT dan 32 BUJT terkait pelaksanaan pembayaran dana pengadaan tanah yang telah dibayarkan BUJT terlebih dahulu melalui skema dana talangan.

Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Mardiasmo yang turut menyaksikan penandatanganan tersebut mengatakan bahwa pemerintah dalam hal ini Kementerian Keuangan telah menunjuk LMAN menjadi perpanjangan tangan Bendahara Umum Negara (BUN) untuk melakukan pembayaran tanah tersebut.  Menurutnya, ini adalah bentuk komitmen pemerintah untuk percepatan pembangunan infrastruktur. 

“Pendanaan ini terdiri dari 64 MoU yang seluruhnya bernilai Rp.40,2 triliun yang semuanya untuk pembayaran tanah jalan tol. Nilai yang tidak kecil namun telah menjadi prioritas dalam mewujudkan komitmen percepatam pembangunan infrastruktur,” ujarnya.

Kesepakatan ini meliputi adendum MoU mengenai pembayaran yang menggunakan alokasi Tahun Anggaran 2017 sebanyak 28 MoU dengan nilai total alokasi Rp.23.156.040.000.000,00 (dua puluh tiga triliun seratus lima puluh enam miliar empat puluh juta rupiah), serta 36 MoU mengenai pembayaran menggunakan alokasi Tahun Anggaran 2018 dengan nilai total alokasi Rp.17.085.440.000.000,00 (tujuh belas triliun delapan puluh lima miliar empat ratus empat puluh juta rupiah).

Wamenkeu juga menekankan perlunya koordinasi yang kuat serta sinergi dan kolaborasi antara LMAN, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP), Badan Pertanahan Nasional (BPN), Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dan lembaga-lembaga terkait dalam proses pengadaan tanah untuk pembangunan infrastruktur agar tidak keluar dari substansi yang disepakati namun tetap objektif dari aspek peraturan perundang-undangan.

Secara garis besar, MoU yang dilakukan meliputi ruang lingkup, mekanisme kerja, tugas dan tanggung jawab masing-masing pihak dalam pelaksanaan pembayaran. Sedangkan untuk adendum MoU menyepakati perubahan alokasi anggaran untuk masing-masing proyek jalan tol yang sebelumnya telah diperuntukkan bagi proyek jalan tol dengan alokasi dana Tahun Anggaran 2017.

Keterangan lebih lanjut, klik tautan berikut ini: https://www.kemenkeu.go.id/publikasi/siaran-pers/keterangan-pers-lman-tandatangani-mou-dengan-bpjt-dan-bujt/). (kemenkeu/03)
Editor: Mardan H Siregar

(Foto: kemenkeu)


Komentar Anda

Berita Terkini