Pimpinan Umum, Pimpinan Redaksi Beserta Seluruh Jajaran wartawan dan staf HARIAN9, Mengucapkan Selamat Sukses Atas Terbentuknya PD BARUPAS KOTA MEDAN Pimpinan Umum, Pimpinan Redaksi Beserta Seluruh Jajaran wartawan dan staf HARIAN9, Mengucapkan Selamat Kepada Saudara Ir. KHAIRI AMRI Atas Terpilih Menjadi KETUA PW BARUPAS SUMATERA UTARA PERIODE 2018 - 2023

Menkeu Usung Pengelolaan Bencana dan Pembiayaannya dalam AM IMF-WBG 2018

Harian 9 author photo

BALI| H9
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan dalam kanal Youtube Kementerian Keuangan  pada Senin (08/10) bahwa salah satu topik yang akan dibahasnya dalam kegiatan Annual Meetings IMF-World Bank Group 2018 (AM IMF-WBG 2018) di Bali adalah mengenai Pengelolaan Bencana dan Pembiayaannya atau Disaster Risk Management dan Financing.

"Salah satu topik yang saya anggap penting untuk Indonesia adalah Disaster Risk Management dan Financing. Jadi kita masukkan dalam voyage. (Voyage to Indonesia/VTI). Dan saya ingin nanti di Bali ini salah satu event yang penting," jelasnya.

Menurutnya, pada event tersebut, negara-negara yang rawan terkena bencana dapat saling bertukar pikiran untuk mencari solusi pengelolaan bencana serta pembiayaannya. 

Di sana akan hadir para ahli baik dari industri asuransi, para Menteri Keuangan serta lembaga-lembaga multilateral yang diharapkan dapat menciptakan sebuah sistem triasuransi. 

"Kita akan saling gunakan ajang ini untuk tukar pikiran, saling belajar. Ada expert yang akan didatangkan. Kita akan bicara dengan industri asuransi, kita akan bicara diantara para Menteri Keuangan, Lembaga multilateral kalau mereka bisa membawakan asuransi membangun triasuransi," paparnya. 

Diharapkannya, hasil dari tukar pikiran ini dapat menghasilkan pemetaan, struktur dan sistem pembiayaan yang dapat dipelajari dan dikembangkan di Indonesia dalam mengelola resiko terhadap bencana alam.

"Karena ini masalah memenej atau mengelola resiko dan bagaimana resiko itu dipetakan, distrukturkan, kemudian itu dibiayai, dicover, itu semuanya adalah salah satu yang ingin saya belajar dan kembangkan di Indonesia," pungkasnya. (kemenkeu/03)
Editor: Mardan H Siregar

(Foto: kemenkeu)


Komentar Anda

Berita Terkini