Pemkab Paluta Berikan Bantuan Kepada Korban Banjir Di Simangambat

Harian 9 author photo
PALUTA| H9
Pasca bencana banjir akibat luapan sungai Barumun yang terjadi di dusun Sungai Rodang, desa Pagaran Tonga, kecamatan Simangambat, kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Paluta serahkan bantuan berupa beras dan bahan makanan lainnya kepada masyarakat, Rabu (17/10/2018).

Pelaksana tugas BPBD Paluta Ridwan Efendi Daulay SSTP menyampaikan bahwa pihaknya menyerahkan bantuan kepada masyarakat korban bencana berupa 2 ton beras dan bahan makanan serta air minum dalam kemasan.

Lanjutnya, bantuan beras ini diperoleh setelah melakukan koordinasi dengan pihak Badan urusan logistik (Bulog) Tapsel yang sudah menyiapkan beras bulog untuk membantu masyarakat dan untuk bahan makanan lainnya seperti mi instan serta air minum dalam kemasan berasal dari pihaknya atas nama Pemkab Paluta.

“Berkoordinasi dengan Bulog dan ada 2 ton beras yang disediakan untuk korban bencana. Yang kita serahkan baru satu ton dan untuk sisanya akan segera diserahkan secara langsung kepada masyarakat,” ujarnya, Kamis (18/10/2018).

Katanya, untuk saat ini kondisi ketinggian air di dusun Sungai Rodang, desa Pagaran Tonga sudah surut serta keadaan sudah mulai normal dan penanganan difokuskan kepada penanganan pasca banjir.

Senada, Kabid Kedaruratan pada BPBD Paluta Nuar Siregar mengatakan penyerahan bantuan dari Pemkab Paluta ini dilakukan bersama pihak kepolisian dan pihak pemerintah kecamatan Simangambat secara langsung kepada masyarakat.

Meskipun air sudah mulai surut dan kondisi sudah mulai normal, pihaknya masih berada di lokasi untuk membantu warga hingga keadaan dapat kembali normal sepenuhnya.

“Personil masih kita tempatkan dilokasi untuk bantu warga. Kita jadwalkan dalam 3 hari kedepan kita masih stand by dilokasi banjir,” ujarnya, Kamis (18/10/2018).

Ia menambahkan, posko penanggulangan masih berada dilokasi dan pihak Dinas Kesehatan Paluta juga masih mengaktifkan posko untuk pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

Untuk informasi, sebelumnya banjir akibat luapan sungai Barumun menggenangi sejumlah daerah di kecamatan Simangambat dan desa yang langsung terdampak banjir adalah dusun Sungai Rodang didesa Pagaran Tonga, dimana pada Minggu (14/10/2018) lalu, Sejumlah rumah dari 68 kepala keluarga (KK) yang sudah tergenang air selama 3 hari dengan ketinggian air mencapai paha orang dewasa.(dek)






Komentar Anda

Berita Terkini