Pemkab Paluta Raih Peringkat Pertama Kabupaten Terbaik Kategori KIP Tingkat Sumut

Harian 9 author photo
PALUTA| H9
Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) meraih peringkat pertama se Sumatera Utara (Sumut) sebagai kabupaten terbaik soal Keterbukaan Informasi Publik (KIP) kategori Menuju Kabupaten/Kota Informatif Provinsi Sumut Tahun 2018.

Penghargaan yang diserahkan oleh Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi yang diwakili Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Provsu HM Fitriyus SH MSP kepada Bupati Paluta Drs H Bachrum Harahap yang diwakili Sekretaris Daerah kabupaten Paluta H Burhan Harahap SH didampingi Kadis Kominfo Paluta Anwar Sadat Siregar bersama kabid statistik dan informasi Sri Asmarini Wali SSTP MSi dan kasi Informasi Julpikar Harahap pada acara Penganugerahan Pemeringkatan Keterbukaan Informasi Badan Publik se Sumut Tahun 2018 di Hotel Madani, Medan, Rabu (17/10) lalu.

Kadis Kominfo Provsu HM Fitriyus SH MSP saat menyampaikan pidato Gubsu mengatakan seiring dengan berkembangnya teknologi saat ini, keterbukaan informasi untuk publik tidak dapat dihindari lagi. 

Karena itu, kabupaten/kota serta Provinsi Sumut diharapkan menjadi contoh bagi daerah lain dalam hal melaksanakan iklim keterbukaan informasi publik dalam menjalankan pemerintahan.

“Teruslah membenahi diri serta meningkatkan kesadaran keterbukaan informasi publik sampai tingkat OPD bahkan kecamatan dan desa. Bagi kabupaten/kota yang belum berperan serta atau belum melaksanakan implementasi keterbukaan informasi publik sebagaimana yang diamanatkan UU No.  14 tahun 2008 agar segera memperbaiki diri,” katanya.

Bupati Paluta Drs H Bachrum Harahap melalui Sekdakab Paluta H Burhan Harahap SH mengucapkan terimakasih kepada para Komisioner KIP Provinsi Sumut dan Dinas Kominfo Provsu atas bimbingannya dalam mengimplementasi keterbukaan informasi di Kabupaten Paluta.

“Semoga penghargaan ini dapat menjadi pendorong dan motivasi buat kami untuk terus berbenah dan mendorong semua OPD,  kecamatan bahkan sampai ke pemerintahan desa untuk terus menciptakan iklim keterbukaan dan pembangunan partisipatif di jajaran Pemkab Paluta,” ujarnya.

Terpisah, Kadis Kominfo Paluta Anwar Sadat Siregar melalui Kabid Statistik dan Informasi Sri Asmarini Wali SSTP MSi berharap dengan penghargaan ini dapat menjadikan keterbukaan informasi publik di Kabupaten Paluta dapat terus dioptimalkan menuju good governance dan clean goverment.

Pada kesempatan ini, ia juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut berperan aktif dalam memberikan informasi sehingga penghargaan ini dapat diraih untuk mewujudkan kabupaten Paluta yang Beriman, Cerdas, Maju dan Beradat serta menuju Smart Regency Paluta.

“Terima kasih kepada semua pihak, semoga penghargaan ini menjadi motivasi bagi kita untuk terus berbenah diri dalam meningkatkatkan kinerja untuk kemajuan dan kesejahteraan kabupaten Paluta,” ucapnya.

Dalam pemeringkatan tersebut yang masuk dalam lima besar se Sumut adalah terbaik pertama diraih oleh Pemkab Padang Lawas Utara (Paluta), terbaik kedua Pemko Medan, terbaik ketiga Pemkab Sergai, terbaik keempat Pemkab Phakpak Barat dan terbaik kelima Pemkab Dairi.(dek)


Sekdakab Paluta H Burhan Harahap SH saat menerima penghargaan untuk Pemkab Paluta yang meraih peringkat pertama se Sumatera Utara (Sumut) sebagai kabupaten terbaik soal Keterbukaan Informasi Publik (KIP) kategori Menuju Kabupaten/Kota Informatif Provinsi Sumut Tahun 2018. lalu.(ist/Akhir S Rambe)


Komentar Anda

Berita Terkini