Pemkab Tapsel Peringati Hari Santri Nasional

Harian 9 author photo

TAPSEL| H9
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapanuli Selatan (Tapsel) menggelar upacara peringatan Hari Santri Nasional, yang dipusatkan di alun-alun Pasar Sipirok Kecamatan Sipirok KabupatenTapsel, Senin (22/10).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) pada upacara tersebut Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu, dihadiri Kakan Kemenag Tapsel Drs, H. Syarifuddin Siregar, MM, Ketua Pengadilan Agama, Camat Sipirok,  Kabag Humas & Protokol Setdakab Tapsel Isnut Siregar, S.Sos,  pimpinan organisasi Badan Sillaturahmi Pondok Pesantern Tapsel, Ka KUA Sipirok, FKUB,  Ketua MUI Sipirok,  BKMT, Pimpinan Pondok Pesantern dan organisasi keagamaan lainnya.

Sementara dalam upacara tersebut, diikuti perwakilan dari 24 pondok pesantern yang ada di Tapsel dan  diisi dengan tausyiah seputar Hari Santri Nasional oleh Al-Ustadz Drs. H Yusri Lubis dan dzikir istighojah dipandu Al Ustadz Buya Syukron Spdi serta pawai santri dari alun-alun pasar Sipirok menuju tugu pahlawan Simago-mago untuk ziarah di makam syuhada bangsa. 

Dalam sambutannya, Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu mengucapkan Selamat Hari Santri Nasional kepada seluruh keluarga besar santri di Kabupaten Tapsel yang telah ditetapkan melalui Keppres Nomor 22 Tahun 2015 oleh Presiden Republik Indonesia Ir. H Joko Widodo. 

Tahun ini yang merupakan tahun keempat peringatan Hari Santri Nasional, Syahrul mengajak kepada seluruh keluarga besar santri agar memaknai Hari Santri Nasional tersebut dengan meningkatkan persatuan dan kesatuan untuk menjadikan suasana yang lebih baik dibanding sebelumnya. 

“Mari kita syukuri dan berterimakasih kepada Presiden Republik Indonesia yang telah menetapkan tanggal 22 Oktober ini sebagai Hari Santri Nasional yang tahun ini merupakan tahun keempat yang kita peringati,“ ujar syahrul.

Seterusnya Syahrul berpesan agar menjadikan pesantern sebagai gudang ilmu islam dan ilmu pengetahuan lainnya, sebab santri merupakan contoh benteng moralitas bagi generasi muda sekarang ini. 

“Mari kita semua bergandengan tangan, bersinergi, dan kompak untuk melaksanakan pembangunan di segala bidang dan bisa menjadi contoh teladan ditengah-tengah masyarakat,“ pintanya. 

Dalam kesempatan tersebut Syahrul juga meminta dukungan semua pihak tidak terkecuali kepada seluruh keluarga besar santri agar sepenuhnya ikut serta mendukung pembangunan proyek strategis nasional PLTA Batangtoru yang lokasinya meliputi Kecamatan Sipirok dan Marancar yang berkapasitas 510 MW dan terbesar diluar pulau jawa dan juga merupakan PLTA yang paling ramah lingkungan. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar

Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu selaku Irup membacakan pidato Mentri Agama RI Lukman Hakim Syaifuddin pada upacara peringatan Hari Santri Nasional, yang dipusatkan di alun-alun Pasar Sipirok Kecamatan Sipirok Kabupaten Tapsel, Senin (22/10). (Foto: Riswandy)



Komentar Anda

Berita Terkini