Peredaran Narkoba Jaringan Lapas Dibongkar, Hampir Setengah Kilogram Ganja Disita

Harian 9 author photo

PADANGSIDIMPUAN| H9
Kepolisian Resort (Polres) Padangsidimpuan melalui Satuan Reserse Narkotika dan Obat (Sat Resnarkoba) membongkar peredaran narkoba jaringan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Salambue Padangsidimpuan yang melibatkan oknum honores Satpol PP Kota Padangsidimpuan yang diperbantukan di Lapas Salambue IN (24) Warga Desa Manunggang Jae Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara Kota Padangsidimpuan, Kamis (18/10).

Dari pengungkapan kasus narkoba tersebut, perugas menyita barang bukti narkotika jenis ganja seberat 450 gram yang dibalut dengan lakban warna putih, 3 bungkus ranting ganja seberat 350 gram, 2 lembar sobekan plastik lakban warna coklat, satu buah ember warna putih, satu buah handuk, serta 2 unit Handpone masing-masing merk Strawberry warna hitam dan merk Samsung warna hitam.

Selain itu juga, petugas mengamnkan 5 tersangka, dimana 4 diantaranya Napi Lapas Kelas II B Salambue yakni, ERN alias Sentum (26) Warga Desa Manambin Kecamatan Kotanopan Kabupaten Mandailing Natal (Madina), ADN alias Adi Keco (32) Warga Jalan Alboin Hutabarat Gang. Dame Kelurahan Wek VI Kecamatan Padangsidimpua Selatan Kota Padangsidimpuan, RH (27), Warga Jalan HT Rijal Nurdin Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara Kota Padangsidimpuan, ADD (40), Warga Jalan Lintas Panyabungan Desa Malintang Kecamatan Bukit Malintang Kabupaten Madina dan IN (24), Warga Desa Manunggang Jae Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara Kota Padangsidimpuan yang merupakan honorer Satpol PP Kota Padangsidimpuan yang diperbantukan di lapas Salambue

Kapolres Padangsidimpuan, AKBP. Hilman Wijaya, SIK, MH melalui Kasatresnarkoba AKP.CJ Panjaitan, SH didampingi Kasubbag Humasy Iptu Maria Marpaung, SE yang dikonfirmasi, Jumat (19/10), membenarkan pengungjapan kasus peredaran jaringa narkotika di Lapas Kelas IIB Salambue Padangsidimpuan, dengan mengamankan 5 tersangka.

Disebutkannya, pengungkapan diawali saat petugas mendapat informasi bahwa di Lapas Kelas IIB Salambue sering terjadi transaksi narkotika jenis ganja yang dilakupan para napi dengan melibatkan oknum petugas Lapas sebagai pemasok barang haram untuk bisa masuk ke dalam lingkungan Lapas.

Mendapat informasi tersebut, personil Satresnarkoba yang berkoordinasi dengan pihak Lapas langsung melakukan penggeledahan di setiap kamar yang dihuni para napi dan di kamar 7 blok A Lapas Klas II Padangsidimpuan yang dihuni napi napi ERN alias Senyum, petugas menemukan satu buah ember yang berisi 3 bungkus narkotika jenis ganja yang dibalut dengan lakban warna putih yang ditutupi dengan handuk.

Saat diinterogasi, ERN alias Senyum mengaku kalau ganja tersebut adalah milik napi lainnya RH yang diperolehnya dari ADN alias Adi Keco dan dari keterangan ADN alias Keco, ganja tersebut dipesan dari sesame napi lainnya ADD. ADD senduri memesan ganja tersebut dari dari bandar Panyabungan dengan menggunakan komunikasi handphone kepada seorang bandar bernama Sumiati dan dimasukkan ke Lapas Klas II B Padangsidimpuan melalui IN orang honorer sat Pol PP yang diperbantukan di Lapas Kelas II B Salambue.

Setelah menjalani interogasi, para tersangka berikut barang bukti langsung dibawa dan diamankan ke Polres Padangsidimpuan untuk menjalai proses lebih lanjut sekaligus pengembangan kasus.

“Saat ini para tersangla sedang menjalani pemeriksaan guna mendalaman kasus peredaran narkotika jaringan Lapas Kelas IIB Salambue Padangsidimpuan, yang saat ini sangat meresahkan, tidak saja bagi masyarakat, tetap juga di kalangan Napi Kelas IIB Lapas Salambue sendiri,“ ujar Kasat (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar

Para tersangka yang diduga terlibat dalam peredaran narkoba jaringan Lapas Kelas IIB Salambue Padangsidimpuan saat menjalani pemeriksaan di Mapolres Padangsidimuan, Kamis (18/10). (Foto: Riswandy)



Komentar Anda

Berita Terkini