Peringatan HDKD Berjalan Sukses

Harian 9 author photo
ACEH TAMIANG| H9
Peringatan Hari Ulang Tahun Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia ke-73, Hari Dharma Karyadhika (HDKD), Lapas Kelas II Kuala Simpang gelar upacara serta tausiyah, di halaman Lapas tersebut  Kampung Dalam, Kecamatan Karang Baru, Kabupaten Aceh Tamiang, Selasa(30/10/2018).

Dalam kegiatan tersebut turut dihadiri oleh lima instansi wilayah timur yang meliputi Lembaga Permasyarakatan kelas II B Kuala Simpang, Lembaga Permasyarakatan Kelas II B Langsa, Lembaga Permasyarakatan Kelas III Narkotika Langsa dan Kantor Imigrasi Langsa.

Pada kesempatan tersebut Davy Bartian, BC.IP.,SOs.,M.M kalapas kelas ll B kualasimpang membacakan sambutan menteri Hukum dan HAM yang menyampaikan,"Dharma Karyadhika dapat dimaknai bahwa manusia yang diberikan kelebihan untuk melakukan pekerjaan sesuai kewajiban, aturan, dan kebenaran.

"Di penghujung 2018 sudah saatnya kita perkuat sinergitas untuk menyelesaikan persoalan-persoalan dengan solusi yang berkualitas, hal ini harus benar-benar diimplementasikan pada semua aspek kehidupan birokrasi  di Kementerian Hukum dan HAM," tuturnya.

Davy Bartian melanjutkan,kunci dari suksesnya suatu organisasi adalah adanya komitmen dan disiplin yang kuat dari masing-masing individunya.

"Mengenai adanya perubahan yang terkait seragam dinas dan atribut pegawai hal itu adalah bagian dari cara organisasi untuk melatih komitmen dan disiplin," katanya

“Tahun ini adalah  implementatif bagi E-Gov Kementerian Hukum dan HAM, hampir semua pelayanan Hukum dan HAM yang disajikan kepada publik telah berbasis teknologi informasi, tapi jangan berhenti berinovasi, berbagai aplikasi dan kesisteman harus terus diperbaiki dan ditingkatkan kecepatan serta akurasi datanya.

Pada momentum ini, diharapkan kepada kita untuk terus bekerja dengan baik sesuai dengan aturan yang berlaku, berhati-hati dan waspada, jangan sekali-kali melakukan penyimpangan atau melanggar aturan, karena ada banyak mata yang mengawasi kita, khususnya Tuhan yang selalu melihat perilaku kita meskipun tidak terlihat oleh manusia yang lain.

"Peringatan Hari Dharma Karyadhika ini berdekatan dengan hari Sumpah Pemuda yang selalu kita peringati tiap tahunnya.

"Mari kita jadikan pengingat, bahwa seluruh ASN Kemenkumham harus bangkit, bekerja keras, cerdas dan tuntas sehingga mampu menyelesaikan persoalan secara berkualitas," ucapnya

Usai Kegiatan upacara dilanjutkan dengan tausiyah oleh ustadz Basir S.Pd, yang dalam khutbahnya mengingatkan kita pada kematian dan cara menyiapkan diri untuk menghadapinya. Sudah menjadi sunatullah, bahwa setiap makhluk yang bernyawa pasti akan mati, hanya tidak ada di antara kita yang tau kapan kematian itu akan datang. Oleh karena itu kita harus selalu mengingatnya dan mempersiapkan diri dengan bekal setelah kematian itu.

Silaturahim termasuk perkara yang diperintahkan Nabi Muhammad SAW. Silaturahmi bermakna berbuat baik kepada kerabat dengan berbagai bentuk kebaikan. Nabi Muhammad SAW juga mengancam orang yang memutuskan tali kekerabatan karena merupakan dosa besar dan menghalangi masuk surga.

Walaupun siang malam dia beribadah, berangkat umrah berulang kali, puasa tidak pernah tinggal tapi kalau memutuskan tali silaturahmi, tetap semua itu tidak ada nilainya.

Dipenghujung acara dilanjutkan dengan pembagian Hadiah perlombaan antar Lapas yang dilaksanakan beberapa waktu lalu dan Pemotongan Tumpeng oleh para Kalapas Kelas II B Kuala Simpang, Kalapas Kelas II B Langsa, Kalapas Kelas III Narkotika Langsa Serta Kepala Kantor Imigrasi Langsa. (Dani9)



Komentar Anda

Berita Terkini