Prajurit Dan PNS Kodam I/BB Tes Kesegaran Jasmani

Harian 9 author photo

MEDAN|  H9
Prajurit bersama PNS Kodam I/BB melaksanakan tes kesegaran jasmani "A" dan "B" periodik II Tahun 2018, Senin (22/10/2018) di Lapangan Makoyon Zipur 1/DD Jalan Kapten Muslim Medan.

Dalam pelaksanaan Kesegaran Jasmani, terlebih dahulu diawali dengan pengecekkan tensi darah oleh tim medis dari Kesdam I/BB. Kemudian seluruh peserta garjas menerima pengarahan dari koordinator garjas mengenai teknis pelaksanaan guna menghindari timbulnya kerugian. 

Prajurit tidak akan terlepas dari tes kesegaran jasmani. Mulai dari seleksi pendidikan, seleksi kenaikan pangkat ataupun kesegaran jasmani periodik yang dilaksanakan enam bulan sekali. Adapun yang dilaksanakan dalam Tes Kesegaran Jasmani bagi prajurit dan PNS jajaran Kodam I/BB ini, yaitu lari dengan jarak tempuh sejauh 3.200 meter (Samapta A), Pull Up selama 1 menit, Sit Up selama 1 menit, Push Up selama 1 menit dan shuttle run secepat-cepatnya (Samapta B). 

Untuk menentukan jumlah nilai samapta B adalah jumlah dari nilai-nilai samapta B dibagi 4.  Dari nilai hasil keseluruhan tes Kesegaran Jasmani (samapta A+B) ini di bagi dua dan mendapatkan nilai akhir yang akan digunakan sebagai dasar penilaian samapta periodik ditambah dengan nilai renang militer.

Kesemaptaan ini merupakan program di bidang operasional kegiatan kesegaran jasmani yang harus dilaksanakan oleh setiap prajurit yang bertujuan guna untuk mengukur kemampuan jasmani perorangan juga untuk membina prajurit agar memiliki daya tahan tubuh yang prima serta memiliki kesegaran jasmani yang siap untuk melaksanakan tugas pokoknya dengan baik. (HJ9)
Editor: Mardan H Siregar



Komentar Anda

Berita Terkini