Presiden Jokowi Resmikan Bank Wakaf Mikro di Pesantren Mawaridussalam

Harian 9 author photo
MEDAN| H9
Presiden RI, Ir H Joko Widodo meresmikan program Bank Wakaf Mikro pesantren Mawaridusalam di Desa Tumpatan Nibung Deli Serdang, Senin (8/10/2018) siang

Dikatakan, bank ini didirikan untuk memberikan akses keuangan kepada masyarakat terutama di lingkungan pondok pesantren dan sekitarnya. Banyak masyarakat yang tidak bisa masuk ke lembaga keuangan secara mudah, ada jaminan agunan dan sebagainya.

"Umat memerlukan akses keuangan. Hal itu tentunya bertujuan untuk pengembangan ekonomi umat terutama di pondok pesantren. Ini akan kita kembangkan terus dan nggak akan berhenti," kata Presiden.

Presiden RI ini berharap, jika jumlahnya sudah mencapai ribuan, program ini bisa menjadi sebuah bank yang besar. Ini  bisa menjadi salah satu bentuk dalam membangun pondasi.

Sementara itu, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK),Wimboh Santoso mengatakan, pihaknya akan terus memperbanyak program seperti itu. Bank Wakaf Mikro Mawaridussalam adalah program yang ke- 33 didirikan.

"Tentunya kita akan terus tetap memperbanyak proram ini,karena porgram ini salah satu tugasnya untuk memberikan akses keuangan kepada masyarakat yang tidak bisa masuk ke akses lembaga keuangan formal," ujarnya. 

Dikatakannya, ciri khas nasabah bank tersebut tidak memiliki izin apapun, uang dan syarat untuk memgakses keuangan di lembaga formal.

"Sehingga ini kalo kita bantu tentunya akan sangat berguna untuk masyarakat," katanya.

Menurutnya, Bank Wakaf bisa menjadi tempat praktek santri dan santriwati untuk mengelola keuangan.  Program ini tidak hanya ditujukan bagi lingkungan pesantren saja. Selanjutnya bisa dikembangkan di kelompok masyarakat seperti masjid, dan kelompok- kelompok masyarakat lainnya. 

"Melihat potensinya, ini akan  menjadi sokoguru pembangunan ke depan, kita mengajak seluruhpemangku kepentingan untuk bersama- sama memberikan sinergitas akan program ini, agar segera dapat dilakukan masyarakat, kita juga harus memonitor dan mendampingi masyarakat," katanya.

Selanjutnya, Pimpinan Pondok Pesantren,Sahib Marqum mengatakanBank Wakaf Mikro dapat memberikan berkah kepada masyarakat sekitar pondok. 

"Biar barokah pondok tidak hanya untuk pondok, masyarakat juga merasakannya," kata Sahib.

Sementara itu, Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi dalam sambutannya mengatakan datangnya Presiden ke pesantren tersebut bisa menjadi berkah. 

"Mari kita doakan semua Presiden kita. Santri yang jumlahnya 1.600 orang, 40 orang saja membacakan yasin selama 40 hari, Insya Allah apapun yang dikehendaki atas seizin Allah akan tercapai, saya yakin kualitas santri-santri semua yang ada di sini," katanya.

"Barangkali saya bisa setiap saat datang kemari," ujarnya.

Bank Wakaf Mikro merupakan lembaga keuangan mikro syariah yang didirikan atas izin OJK dan bertujuan menyediakan akses permodalan atau pembiayaan bagi masyarakat kecil yang belum memiliki akses pada lembaga keuangan formal.

Turut hadir pada acara tersebut, Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Sekretaris Kabinet Indonesia, Pramono Anung, Pangdam I BB M S Fadhilah Sabrar, Kapolda Sumut, Irjen Pol Agus Andrianto, Ketua TP PKK Provsu, Nawal Lubis.(Jae9)


Komentar Anda

Berita Terkini