Pimpinan Umum, Pimpinan Redaksi Beserta Seluruh Jajaran wartawan dan staf HARIAN9, Mengucapkan Selamat Sukses Atas Terbentuknya PD BARUPAS KOTA MEDAN Pimpinan Umum, Pimpinan Redaksi Beserta Seluruh Jajaran wartawan dan staf HARIAN9, Mengucapkan Selamat Kepada Saudara Ir. KHAIRI AMRI Atas Terpilih Menjadi KETUA PW BARUPAS SUMATERA UTARA PERIODE 2018 - 2023

Salah Satu Garda Terdepan Mengkawal NKRI, Walikota Harapkan Santri Cerdas Gunakan Medsos

Harian 9 author photo

PADANGSIDIMPUAN| H9
Salah satu garda terdepan dalam mengkawal Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, SH mengharapkan para santri untuk lebih cerdas dalam menggunakan Informasi dan Tekhnologi (IT) khususnya media sosial (medsos) yang saat ini terus berkembang.

“Didalam hal mengawal NKRI, tentunya saya harapkan ada kesetaraan, ada hak dan kewajiban dari sisi pemerintah dan sisi Pondok Pesantren (Ponpes), khususnya dari jajaran santi,“ ujar Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, SH usai memimpin pelaksanaan upacara Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2018 tingkat Kota Padangsidimpuan di halaman Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Istiqomah, Desa Huta Padang, Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara, Kota Padangsidimpuan, Senin, (22/10).

Upacara HSN tersebut, dihadiri Wakil Walikota Padangsidimuan Ir. H Arwin Siregar, MM,  Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padangsidimpuan Hj. Taty Aryani Tambunan, SH, Sekdakota Drs. H. Zulpeddi, MM, Fokopimda Kota Padangsidimuan, Kepala Kantor (Kakan) Kementrian Agama (Kemenag) Kota Padangsidimpuan, pimpinan SKPD, pengurus PC Nadhlatul Ulama (NU), Pengurus PD Muhammadyah Kota Padangsidimpuan, pimpinan Ponpes Ponpes Darul Istiqomah Zainuddin Arifin Nasutin, S.Pdi, pimpimam Pompes se Kota Padangsidimpuan, alim ulama, serta diikuti ratusan santri dari seluruh pesantren se Kota Padangsidimpuan.

Walikota mengakui, bahwa saat ini kita sedang berada pada situasi dan kondisi perkembangan IT yang cukup liberal, yakni dengan maraknya penggunaan medsos. Untuk itu, kita harapkan keberadaan santri yang memang titik berat pelajarannya adalah tentang alhlak, bisa menjadi tauladan di tengah-tengah masyarakat termasuk pada konteks penggunaan IT di medsos.

“Seluruh satri yang turut memperingati Hari Santri ini untuk menjadi tauladan, menjadi pionir di tengah-tengah masyarakat, sehingga penggunasan medsos itu lebih di titik beratkan pada kemanfaatan dan jangan justru merusak tatanan di tengah masyarakat,“ katanya.

Ia menambahkan, dengan kehadiran IT ini, suka tidak suka tetap berkembang, hanya saja tergantung kepada kita yang memanfaarkannya. Itu tetap berjalan di tengah-tengah masyarakat. Perubahan itu kita tidak mampu menghentikannya.

“Karena itu, Ponpes untuk terus mengikuti perkembangn IT ini, namun dari sisi perkembangan Ponpes itu sendiri perlu diperhatikan baik dari segi insfastruktur dan proses belajarnya. Demikin juga dengan pihak santri yang harus menjaga dan cerdas sehingga menjadi tauladan di tengah masyarakat,“ terangnya.

Walikota juga mengucapkan selamat memperingati HSN yang kali ini adalah untuk ke empat kalinya diperingati di Kota Padangsidimpuan, semoga para santri yang menimba ilmu di Ponpes kedepan akan menjadi pemimpin-pemimpin di daerah kita ini.

“Atas nama Pemko Padangsidimpuan saya memberi apresiasi kepada seluruh pengelola Ponpes yang ada di Kota Padangsidimpuan, mudah-mudahan makin lama akan makin berkembang, karena santri adalah sebuah aset bangsa yang perlu dibina dan di kembangkan di masa yang akan datang dan mereka adalah cikal bakal penerus bangsa ini khususnya di Kota Padangsidimpuan,“  imbuhnya.

Sebelumnya, Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, membacakan sambutan Menteti Agama Lukman Hakim Syaifuddin menyampaikan, Hari Santri Nasional yang diperingati setiap tahunnya pada Tanggal 22 Oktober merupakan bagian dari sejarah yang tidak terpisahkan bagaimana para santri berjihad dalam memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia.

“Para santri harus pertahankan moral dan etika, jangan mau tergoda dengan era teknologi yang saat ini cendrung menyebarkan kebencian, jadilah santri yang menyebarkan informasi yang menyejukkan informasi yang bermanfaat dan edukasi ketika usai melaksanakan pendidikan di pesantren,“ tuturnya.

Usai kegiatan Hari Santri, dilanjutkan dengan penyerahan thropy dan uang pembinaan kepada para santri yang meraih juara di berbagai perlombaan Hari Santri Nasional tingkat Kota Padangsidimpuan tahun 2018.

Perlombaan yang diprakarsai Pemko Padangsidimpuan melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setdakota Padangsidimpuan hadiahnya diserahkan oleh Walikota Padangsidimpuan Irsan Efend Nasution, SH, Wakil Walikota Padangsidimuan Ir. H Arwin Siregar, MM,  Ketua DPRD Kota Padangsidimpuan Hj. Taty Aryani Tambunan, SH, Fokopimda dan Kabag Kesra Ery Sifana, SSTP. (Wan9)  
Editor: Mardan H Siregar
      
Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasutin, SH memberikan sambutan pada peringatan Hari Santri Nasional tingkat Kota Padangsidimpuan tahun 2018 di halaman Ponpes Darul Istiqomah, Desa Huta Padang, Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara, Kota Padangsidimpuan, Senin (22/10). (Foto: Riswandy)

                                                                                        



Komentar Anda

Berita Terkini