Pimpinan Umum, Pimpinan Redaksi Beserta Seluruh Jajaran wartawan dan staf HARIAN9, Mengucapkan Selamat Sukses Atas Terbentuknya PD BARUPAS KOTA MEDAN Pimpinan Umum, Pimpinan Redaksi Beserta Seluruh Jajaran wartawan dan staf HARIAN9, Mengucapkan Selamat Kepada Saudara Ir. KHAIRI AMRI Atas Terpilih Menjadi KETUA PW BARUPAS SUMATERA UTARA PERIODE 2018 - 2023

Sambut Buyer, Penyelenggara TEI 2018 Siapkan Fasilitas Pendukung

Harian 9 author photo

JAKARTA| H9
Penyelenggara pameran siap menyambut kehadiran peserta dan pengunjung Trade Expo Indonesia 2018 yang akan digelar di Indonesia Convention Exhibition (ICE) Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang, Banten pada 24-28 Oktober 2018 mendatang. 

Hal ini ditunjukan dengan kesiapan fasilitas pendukung untuk memudahkan buyer dan calon buyer pada pameran tersebut.

“Selain keikutsertaan pelaku usaha indonesia sebagai peserta pameran, sisi lain yang juga sangat penting dalam penyelenggaraan TEI adalah kehadiran buyer mancanegara. Untuk itu, pihak penyelenggara akan mempersiapkan fasilitas pendukung pelaksanaan pameran,” ungkap Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Arlinda, Selasa (09/10/2018)

Salah satu fasilitas yang dipersiapkan yaitu dengan menyiapkan dua meja selamat datang dan penjemputan buyer di Terminal 2 dan 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta yang mulai beroperasi pada 22–27 Oktober 2018 selama 24 jam. 

Selain itu, panitia TEI 2018 juga menyediakan 85 unit bus sedang, 58 unit bus kecil, dan 1 unit kendaraan operasional yang akan mengantar para buyer dari bandara ke hotel yang direkomendasikan panitia.

“Tentunya kita juga harus bersiap menyambut para buyer mancanegara dengan memberikan pelayanan terbaik selama penyelenggaraan TEI 2018. Mulai dari penjemputan di bandara, rekomendasi hotel resmi, dan pusat informasi TEI. Selain itu, Kemendag juga menugaskan Atase Perdagangan dan Indonesia Trade Promotion Center (ITPC) untuk memberikan pendampingan hingga kunjungan ke lokasi industri kepada rombongan buyer, termasuk rombongan misi dagang,” jelas Arlinda.

Fasilitasi Pertemuan Bisnis

Kemendag juga memfasilitasi delegasi bisnis yang berkeinginan melakukan pertemuan dengan kementerian/lembaga, Kadin, dan asosiasi pelaku usaha di area pameran TEI. 

Secara khusus, Kemendag mengalokasikan tiga ruangan untuk pertemuan delegasi dengan kapasitas 30 orang dan satu ruangan dengan kapasitas 50 orang.

Saat ini sedikitnya telah ada sembilan permintaan untuk memfasilitasi pertemuan delegasi yang disampaikan oleh Kantor Perwakilan Indonesia di luar negeri. 

Beberapa permintaan fasilitasi tersebut antara lain datang dari Kedutaan Besar RI di Alger, Aljazair yang menyampaikan permintaan untuk memfasilitasi pertemuan antara 31 delegasi bisnis Aljazair dengan perwakilan Kadin dan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Kemudian dari KBRI di Lagos, Nigeria menyampaikan pemintaan ke panitia penyelenggara untuk memfasilitasi pertemuan antara 27 delegasi bisnis Nigeria dengan Kadin dan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI). 

Topik yang akan diangkat pada pertemuan tersebut antara lain terkait peluang bisnis dan investasi di berbagai bidang seperti konstruksi, agroindustri, pariwisata, manufaktur, niaga elektronik, makanan dan minuman, kelapa sawit, kosmetik, perhotelan, serta peralatan laboratorium.

Selain itu, KBRI di Cape Town, Afrika Selatan juga menyampaikan bahwa delegasi pemerintahan Afrika Selatan yang dipimpin Walikota Mossel Bay akan bertemu dengan Kadin dan Pertamina guna menjajaki kerja sama investasi dengan Indonesia di bidang penyulingan gas.

“Kemendag bekerja sama dengan Kementerian Luar Negeri dan para pihak terkait lainnya, termasuk kantor Perwakilan seperti Atase Perdagangan dan ITPC di luar negeri terus berupaya mengundang dan meyakinkan calon buyer untuk datang ke TEI untuk berbisnis dengan eksportir Indonesia,” pungkas Arlinda. (rel/03)
Editor: Mardan H Siregar



Komentar Anda

Berita Terkini