Buya Rafdinal,S.Sos.,MAP

Buya Rafdinal,S.Sos.,MAP
Caleg DPRD Kota Medan Dapil 1 No. 4

Sat Lantas Polres Tapsel Beri Imbauan Kepada Siswa Sekolah Untuk Patuhi Lalu Lintas

Harian 9 author photo

TAPSEL| H9
Tingginya angka kecelakaan lalu lintas yang melibatkan anak sekolah membuat pihak kepolisian merasa prihatin dan berupaya untuk mengurangi dan menekan jumlah kasus Laka Lantas yang terjadi.

Untuk menekan angka Laka Lantas tersebut, Polres Tapanuli Selatan (Tapsel) melalui Satuan Polisi Lalu lintas (Sat Lantas) dengan gencar melakukan sosialisasi tertib berlalulintas sekaligus melakukan penertiban terhadap siswa sekolah saat jam-jam pulang sekolah di wilayah hukum Polres Tapsel, sekaligus juga memberikan wawasan tentang keselamatan lalu lintas dan menanamkan jiwa pelopor tertib berlalu lintas di lingkungan pelajar.

Seperti yang dilakukan personil Sat Lantas Polres Tapsel dipimpin Kanit Reg Ident Sat Lantas Polres Tapsel Ipda Tongan Siregar, SH di Kecamatan Batang Angkola yang menggelar operasi rutin Lantas saat jam pulang sekolah, yang mana petugas memergoki mobil penumpang umum (mopen) yang mengangkut penumpang khususnya anak sekolah yang melebihi kapasitas, hingga ada yang bergelantungan di bak mopen dan naik di atap mopen.

Selain itu juga banyak anak-anak sekolah yang mengendrerai sepeda motor (septor) dengan berboncengan tiga dan juga tidak menggunakan helm, sehingga sangat berpotensi menimbulkan Laka Lantas di jalan raya.

Kasat Lantas Polres Tapsel AKP Muri Yasnal, SH melalui Kanit Reg Ident Sat Lantas Polres Tapsel Ipda Tongan Siregar, SH mengatakan, penertiban sekaligus sosialisasi tertib Lalu Lintas tersebut dilakukan secara rutin di wilayah hukum Polres Tapsel, dengan sasaran anak sekolah pada saat jam masuk dan pulang sekolah.

“Tujuan ini kami laukan untuk memberikan pemahaman tentang tata tertib lalu lintas dalam berkendara di jalan raya serta mengurangi angka fatalitas kecelakaan yang potensinya lebih banyak usia produktif ataupun masih sekolah,“ ujar IpdaTongan Siregar, SH., Rabu (10/10).

Ia juga menegaskan, selain menertibkan anak sekolah yang bergelantungan di mopen, pihaknya juga memberikan tindakan tegas kepada pengemudi mopen yang mengangkut penumpang melebihi kapasitas karenaakan membahayakan penumpang.

“Momentum ini sangat tepat sekaligus untuk melakukan sosialiasi tentang pengendara di bawah umur dan masih sekolah, karena sekarang ini banyak faktor anak-anak mengendarai sepeda motor yang sebetulnya belum diperbolehkan secara peraturan UU lalu lintas dan keselamatan berlalu lintas kepada pengemudi angkutan umum,“ katanya.

Oleh sebab itu, pihanya mengimbau kepada semua orang tua untuk memberikan nasehat kepada anak-anaknya untuk tertib berlalu lintas dan untuk tidak memberikan sepeda motor kepada anak-anaknya yang belum cukup umur atau di bawah 17 tahun dan kepada pengemudi angkutan untuk mengutamakan keselamatan penumpang. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar

Kanit Reg Ident Sat Lantas Polres Tapsel Ipda Tongan Siregar, SH, saat melakukan penertiban lalu lintas kepada pengemudi angkutan umum dan siswa sekolah yang melanggar peraturan lalu lintas di jalan raya di Kecamatan Batang Angkola Kabupaten Tapsel, Rabu (10/10). (Foto: Riswandy)





Komentar Anda

Berita Terkini