Pimpinan Umum, Pimpinan Redaksi Beserta Seluruh Jajaran wartawan dan staf HARIAN9, Mengucapkan Selamat Sukses Atas Terbentuknya PD BARUPAS KOTA MEDAN Pimpinan Umum, Pimpinan Redaksi Beserta Seluruh Jajaran wartawan dan staf HARIAN9, Mengucapkan Selamat Kepada Saudara Ir. KHAIRI AMRI Atas Terpilih Menjadi KETUA PW BARUPAS SUMATERA UTARA PERIODE 2018 - 2023

Sejumlah Akses Jalan Di Kecamatan Angkola Selatan Putus Tertimbun Longsor

Harian 9 author photo
TAPSEL| H9
Hujan lebat yang melanda Kecamatan Angkola Selatan Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), menyebabkan sejumlah ruas jalan utama maupun jalan poros antar Desa dan Dusun putus total akibat tertimbun longsoran material batu dan tanah yang jatuh dari perbukitan tepi jalan.

Salah satu ruas jalan Kabupaten yang terkena dampak bencana longsor yakni poros jalan  menghubungkan Dusun Garonggang Kelurahan Pardomuan menuju Desa Gunung Baringin, Kecamatan Angkola Selatan yang terjadi di 4 titik longsor yang meninbun badan jalan.

“Longsor berlangsung Jum,at (12/10/2018) sekira pukul 05.00 Wib akibat hujan deras semalaman, menyebabkan arus l;alu lintas bagi wargayang akan membawa hasil pertanian dan perkebunan menjadi terhambat akibat tidak bisa melintasi jalan yang tertimbun material longsor, “ ujar Kemri, warga Angkola Selatan Kabupaten Tapsel.

Menurutnya, ada 4 titik di sepanjang ruas badan jalan yang menghubungkan Dusun Garonggang Kelurahan Pardomuan menuju Desa Gunung Baringin, Kecamatan Angkola Selatan. Longsoran material batu-batuan cukup besar dan tanah yang menimbun ruas badan jalan jatuh dari tebing bukit sekitar ruas jalan.

“ Walau tidak ada korban dalam kejadian itu, namun akses menuju menuju Desa dan Dusuin tersebut atau sebaliknya tertutup dan pengendara khususnya yang menggunakan kenderaan roda 4 sama sekali tidak bisa melintas. Sementara bagi yang menggunakan kenderaan roda 2 harus ekstra hati-hati bila melintas, “ katanya.

Terpisah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tapsel H. Ilham Suhardi, SH yang dihubungi mengatakan, pihaknya telah melaporkan kejadian ke Bupati Tapsel untukl meminta petunjuk lebih lanjut serta berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Tapsel dan pihak Kecamatan Angkola Selatan.

“ Kita juga telah menerjunkan personil ke lokasi longsor guna membersihkan material longsor dari badan jalan bekerjasama dengan masyarakat dan PU Tapsel agar akses jalan kembali normal, “ ujar Ilham.

Pihaknya mengimbau masyarakat untuk selalu waspada terhadap cuaca yang mulai musim hujan ini. “ Tidak saja masalah longsor, masyarakat diminta hati-hati berkendara di jalan raya. Termasuk menjaga kebersihan lingkungan supaya tidak terjadi banjir, “ katanya

Sementara Kepala Dinas PU Tapsel Chairul Rizal Lubis, ST mengatakan, Dinas PU juga telah menurunkan alat berat, karena dominan material longsoran berupa batu dan tanah cukup banyak.

“ Kami juga, mengimbau agar pengguna jalan untuk tetap berhati-hati bila melintas di jalur tersebut, karena daerah yang dikelilingi tebing bukit sangat rawan terhadap longsoran material yang jatuh, “ tutur Rizal. (Wan9)


Komentar Anda

Berita Terkini