Pimpinan Umum, Pimpinan Redaksi Beserta Seluruh Jajaran wartawan dan staf HARIAN9, Mengucapkan Selamat Sukses Atas Terbentuknya PD BARUPAS KOTA MEDAN Pimpinan Umum, Pimpinan Redaksi Beserta Seluruh Jajaran wartawan dan staf HARIAN9, Mengucapkan Selamat Kepada Saudara Ir. KHAIRI AMRI Atas Terpilih Menjadi KETUA PW BARUPAS SUMATERA UTARA PERIODE 2018 - 2023

Sekda Buka Seleksi Seni Qasidah Ke I Tingkat Kabupaten Paluta

Harian 9 author photo

PALUTA| H9
Bupati Padang Lawas Utara (Paluta) Drs H Bachrum Harahap diwakili Sekretaris daerah H Burhan Harahap SH buka Seleksi seni qasidah tingakat kabupaten Paluta di aula gedung serbaguna kantor bupati Paluta, Selasa (23/10).

Pembukaan seleksi seni qasidah I tingkat kabupaten Paluta yang mengangkat tema ‘Berkreasi Seni Bernafaskan Islami’ tersebut, turut hadir Kepala Kejaksaan Negeri Paluta Rizal S Nyaman SH MH, Kemenag Paluta, MUI Paluta, SKPD Paluta, camat se Paluta beserta undangan lainnya.

Dalam sambutan Bupati Paluta Drs H Bachrum Harahap yang disampaikan oleh Sekdakab Paluta H Burhan Harahap SH mengatakan kegiatan seleksi seni qasidah I kabupaten Paluta ini merupakan jalan seniman Islam untuk memberikan hiburan kepada masyarakat yang berisi pujian kepada Allah SWT dan penghormatan kepada nabi Muhammad SAW.

Tidak hanya itu, kegiatan kesenian ini juga dijadikan dakwah sekaligus filter budaya asing yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia yang berbudaya dan menjunjung tinggi nilai-nilai moral dan akhlak dengan harapan kesenian ini diharapkan dapat mengilhami pemikiran dan perasaan manusia agar lebih peka terhadap nilai kebenaran dan keindahan.

“Seni qasidah punya fungsi ganda yaitu disatu sidi sebagai sarana hiburan dan pertunjukan rakyat, juga sebagai sarana dakwah untuk menyampaikan pesan-pesan agama dan pembangunan kepada masyarakat lewat syair lagu yang dikumandangkan dengan menggunakan apresiasi seni,” ujarnya.

Oleh karena itu, diminta kepada seluruh peserta yang akan bertanding agar dapat tampil semaksimal mungkin dan menjunjung tinggi nilai-nilai sportifitas.

Dan melalui kegiatan ini juga diharapkan syiar agama Islam dapat semakin berkibar dan berkumandang serta menghasilkan peserta terbaik yang siap tampil dalam festival seni qasidah tingkat provinsi Sumatera Utara.

Sebelumnya, ketua panitia seleksi seni qasidah ke I Jhonson Siregar SSos dalam laporannya mengatakan bahwa seleksi seni qasidah ini terbagi atas dua kelas yakni putra dan putri serta diikuti oleh 24 tim yang terbagi atas 12 tim putra dan 12 tim putri dari 12 kecamatan se Paluta.

Katanya, seleksi seni qasidah ini untuk tingkatan remaja yang memperebutkan sejumlah kategori yakni tim terbaik untuk putra/i, vocalis terbaik untuk putra/i, busana terbaik untuk putra/i beserta sejumlah kategori lainnya.

“Ada 24 tim yang dibagi untuk kategori putra 12 tim dan kategori putri 12 tim dari seluruh kecamatan yang ada di kabupaten Paluta dan dijadwalkan berlangsung selama 2 hari,” katanya.

Dan untuk tim terbaik atau tim yang menjadi juara pada seleksi seni qasidah ke I tingkat kabupaten Paluta kategori putra dan putri ini nantinya akan diutus mengikuti seleksi seni qasidah tingkat provinsi Sumatera Utara mewakili kabupaten Paluta. (Dek9)
Editor: Mardan H Siregar

Sekdakab Paluta H Burhan Harahap SH buka seleksi seni qasidah ke I tingkat kabupaten Paluta di aula serbaguna kantor Bupati Paluta, Selasa (23/10). (Foto: Akhir S Rambe)



Komentar Anda

Berita Terkini