Wakapolres Padangsidimpuan Pimpin Apel Operasi Zebra 2018

Harian 9 author photo

PADANGSIDIMPUAN| H9
Kepolisian Resort (Polres) Padangsidimpuan melaksanakan apel gelar pasukan Operasi Kepolisian (Ops) Zebra-2018 di Alaman Bolak Padangsidimpuan, Selasa (30/10).

Wakapolres Padangsidimpuan Kompol H. Syafaruddin Hasibuan, SH selaku pimpinan apel dan Kabag Ops Kompol Aswat Tarigan SE selaku perwira apel,  diikuti ratusan personel dari kesatuan Polres Padangsidimpuan, Sub Denpom  I/2-3, Kodim 0212/TS, Yon 123 RW, Brimob Den C Sipirok, Gabungan Polsek dan Bhabinkamtibnas, Dishub, Sat Pol PP dan Dinas Kesehatan Pemko Padangsidimpuan.

Apel juga dihadiri Walikota Padangsidimpuan diwakiki Sekda Kota Drs. Zulfeddi, MM, Ketua MUI Drs Zulfan Efendi Hasibuan, Para Kabag,  Kasat dan Kapoksek se jajaran Polres Padangsidimpuan, Kasat Pol PP Kota Padangsidimpuan Arbiuddin Harahap S.IP, MM, Pj Kadis  Perhubungan Kota Padangsidimpuan Rasman Hasibuan dan Kadis Kesehatan Kota Padangsidimpuan H. Letnan Dalimunthe SKM,M.Kes,

Dalam sambutan Kakorlantas Polri, Irjen Drs Refdi Andri yang dibacakan Wakapolres Padangsidimpuan Kompol H. Syafaruddin Hasibuan, SH mengatakan, Operasi Zebra 2018 dilaksanakan untuk meningkatkan kesadaran dan merupakan operasi penindakan terhadap setiap pelanggaran lalu lintas.

"Kegiatan ini guna meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap peraturan perundang-undangan lalu lintas guna meminimalisir angka pelanggaran serta menekan tingkat fatalitas kecelakaan lalu lintas," ucapnya.

Ia meminta agar seluruh satuan wilayah harus mampu mengidentifikasi, menganalisa serta mengevaluasi permasalahan baik potensi gangguan, ambang gangguan maupun gangguan nyata bidang Kamsebtibcar Lantas di wilayahnya masing-masing.

Usai apel, Wakapolres Padangsidimpuan Kompol H. Syafaruddin Hasibuan, SH, didampingi Kasat Lantas AKP Eridal Fitra,SH, menyampaikan, operasi ini akan dilaksanakan selama 14 hari terhitung mulai tanggal 30 Oktober sampai dengan 14 November 2018, dengan mengedepankan pola operasi dan cara bertindak penegakan hukum yang didukung oleh tindakan preventif dan prepemtif untuk menumbuhkan kesadaran berlalu lintas.

"Kami tidak ada target khusus tentang jumlah pelanggaran, namun seluruh pelanggaran akan kami tindak berdasarkan peraturan yang berlaku dan sasaran prioritas pada operasi kali ini adalah berbagai pelanggaran yang berpotensi memicu dan menyebabkan terjadinya kecelakaan," terang Wakapolres.

Menurutnya, Operasi Zebra 2018 di gelar dengan tujuan untuk menekan (meminimalisir) angka kecelakaan lalu lintas yang cenderung meningkat setiap tahunnya yang salah satunya disebabkan oleh ketidakpatuhan masyarakat pengguna jalan.

"Operasi Zebra 2018 ini dilaksanakan dengan sasaran pengendara kenderaan di jalan raya dengan sifat penindakan agar pengendara mematuhi peraturan lalu lintas," tuturnya.

Selain itu katanya, berdasarkan hasil evaluasi, pelanggaran yang biasa ditemukan di lapangan di antaranya terkait kenderaan yang mendahului kenderaan lain di tikungan, pandangan tidak bebas, ugal-ugalan, jalan yang sempit dan tidak sesuai dengan volume kenderaan, serta dimensi muatan kendaraan.

“Kami menghimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati dalam mengenderai di jalan raya, lengkapi surat-surat kendaraan seperti SIM, STNK serta kelengkapan kenderaan lainnya seperti lampu, spion, knalpot, helm, dll,“ terangnya.

Gelar pasukan Operasi Zebra 2018 dirangkaikan penyematan pita operasi kepada perwakilan dari unsur TNI, Polri, Dishub, serta pemeriksaan pasukan oleh Wakapolres Padangsidimpuan Kompol H. Syafaruddin Hasibuan, SH. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar 

Wakapolres Padangsidimpuan Kompol H. Syafaruddin Hasibuan, SH selaku pimpinan apel, menyematkan tanda operasi kepada perwakilan institusi pada apel gelar pasukan Operasi Zebra-2018 di Alaman Bolak Padangsidimpuan, Selasa (30/10). (Foto: Riswandy)



Komentar Anda

Berita Terkini