Wakil Ketua DPRD Paluta Tinjau Kondisi Saluran Irigasi Batang Ilung

Harian 9 author photo

PALUTA| H9
Menanggapi keluhan masyarakat petani akibat sarana pengairan atau irigasi yang tidak berjalan lancar, wakil ketua DPRD kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) Basri Harahap meninjau kondisi saluran irigasi Batang Ilung tepatnya didesa Saba Sitahul-tahul, kecamatan Portibi, Kamis (11/10).

Menurut Basri Harahap, peninjauan ini untuk menanggapi adanya keluhan masyarakat petani terkait adanya pintu pembagi air ke saluran sekunder yang langsung mengairi areal persawahan warga di daerah Saba Sitahul-tahul.

“Sebelumnya masyarakat melakukan gotong royong perbaikan dan pembersihan saluran sekunder, tapi karena pintu airnya rusak karena sudah lama tidak dipergunakan, air tidak bisa dialirkan menuju areal sawah milik warga,” ujarnya.

Karena itu, ia mengajak pihak UPL untuk melihat kondisi pintu air agar segera diperbaiki supaya bisa dibuka dan menyalurkan air menuju areal persawahan milik warga.

Sebab katanya, untuk mengoptimalkan dan mendukung upaya khusus (upsus) peningkatan hasil pertanian serta swasembada pangan, sarana dan prasarana yang baik sangat dibutuhkan oleh petani dan salah satunya adalah jaringan irigasi untuk penyaluran air ke areal persawahan warga.

“Saluran irigasi yang baik adalah salah satu faktor utama untuk meningkatkan hasil pertanian dalam menuju swasembada pangan dan peningkatan kesejahteraan petani,” katanya.

Selain kondisi pintu air yang kurang bagus, masih banyak ditemukan kerusakan saluran air baik di saluran primer maupun sekunder yang sangat mendesak untuk segera diperbaiki. Ia meminta pihak PSDA Provsu melalui UPL Gunungtua agar segera melakukan perbaikan.

Pada kesempatan ini, ia juga mengajak seluruh masyarakat petani untuk bersama-sama menjaga dan merawat saluran irigasi Batang Ilung dengan baik demi mendukung peningkatan hasil produksi pertanian khususnya di kabupaten Paluta. (Dek9)
Editor: Mardan H Siregar

Wakil ketua DPRD Paluta Basri Harahap bersama rombongan meninjau kondisi saluran irigasi Batang Ilung di desa Saba Sitahul-tahul, kecamatan Portibi, Kamis (11/10). (Akhir S Rambe)






Komentar Anda

Berita Terkini