15 Jurnalis Sumut Lulus UKW Angkatan XIX

Harian 9 author photo
TAPSEL| H9
Sebanyak 15 dari 22 jurnalis Sumatera Utara (Sumut) dari berbagai media baik cetak, elektronik dan online yang ikut sebagai peserta Uji Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan XIX yang diselenggarakan Persatuan Wartawan Indonesi (PWI) Provinsi Sumut bekerjasama dengan PT. Agincourt Resources selaku pengelola Tambang Emas Batangtoru dinyatakan lulus dan berkompeten serta berhak memperoleh sertifikat kompetensi dari Dewan Pers.

Kelulusan peserta UKW tersebut diumumkan anggota tim penguji nasional UKW Eka Putra Najir, pada penutupan UKW angkatan XIX PWI Sumut yang di laksanakan selama dua hari (29-30 Oktober 2018) di Hotel Mega Permata, Padangsidimpuan, Selasa (30/10).

“ Selamat bagi yang lulus dan telah berkompeten. Bagi 7 orang peserta yang belum lulus, jangan berkecil hati dan tetap semangat menjalankan profesi jurnalistik karena masih ada kesempatan lain untuk kembali mengikuti UKW, “ ujar Eka Putra.

Terhadap para wartawan yang lulus dan menyandang predikat berkompeten, Eka Putra berpesan agar benar-benar menjaga marwah sertifikasi yang telah disandangnya.  Dengan begitu, teman-teman wartawan yang lolos UKW benar-benar bisa menjadi pioneer agar citra wartawan semakin baik di mata masyarakat.

“ Wujudnya, dengan mengejawantahkan perilaku wartawan yang profesional dan ditunjukkan dengan produk atau karya jurnalistik yang sehat , yaitu, produk jurnalistik yang bermanfaat dan mencerdaskan masyarakat, “ terangnya.

Semetara Ketua PWI Provinsi Sumut Hermansjah mengatakan, awalnya ada sekitar 34 wartawan dari 30 kuota yang mendaftar sebagai peserta UKW, namun yang hadir 22 orang dan dinyatakan lulus dan berkompeten ada 17 orang, sehingga wartawan yang berkompeten di Sunut ada sebanyak 557 orang wartawan.

Hermansjah yang juga salah satu tim penguji UKW nasional menyatakan, penilaian dalam UKW tersebut betul-betul murni tanpa intervensi pihak manapun. Dia juga tak lupa mengucapkan terima kasih kepada PT. Agincourt Resources selaku pengelola Tambang Emas Batangtoru dan juga kepada para penguji yang telah membimbing dan membantu wartawan Sumut menjadi lebih baik, profesional dan kompeten.

“ Lewat kerjasama dengan mitra inilah, PWI Sumut dapat menyelenggarakan UKW angkatan ke-XIX dengan sukses, “ ungkapnya, seraya mengajak wartawan yang kompeten, untuk segera memilih organisasi kewartawanan yang lolos verifikasi dewan pers seperti PWI, Aliansi Jurnalistik Indonesia (AJI) dan Ikatan Jurnalistik Televisi Indonesia (IJTI).

Sementara Ketua PWI Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel) Hairul Iman hasibuan, S.Kom menyatakan, penghargaan dan applause harus diberikan kepada PWI Sumut yang tidak pernah putus menyelenggarakan UKW untuk para wartawan. Apalagi, wartawan yang ikut tidak dipungut biaya sepeserpun alias gratis.

“ Apa yang dilakukan PWI Sumut merupakan wujud nyata dari kerja keras menjadikan wartawan semakin kompeten dan professional dan diharapkan juga, semua anggota PWI Sumut khususnya di Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel) dan aktif menjalankan profesi jurnalistiknya harus sudah lulus mengikuti UKW semua, “ harap Iman. (Wan9)




Komentar Anda

Berita Terkini