MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT"

2019 Disporapar Targetkan 1 Juta Wisman Mancanegara ke Sumut

harian9.com author photo
Kepala Bidang Pemasaran Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Sumatera Utara, Mukhlis melakukan diskusi Pada acara Pra Rakorda Sinergisitas untuk Pencapaian Kunjungan 1 Juta Wisatawan Mancanegara ke Provinsi Sumatera Utara Pada 2019, Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Sumatera Utara.


MEDAN| H9 
Danau Toba merupakan tujuan destinasi yang sedang dikembangkan pemerintah. Berbagai upaya pun dilakukan, untuk mendatangkan wisatawan. Tidak hanya wisatawan lokal namun juga wisatawan mancanegara. 

Pada acara pra rakorda sinergisitas untuk pencapaian kunjungan 1 juta wisatawan mancanegara ke Provinsi Sumatera Utara Pada 2019, Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Sumatera Utara akan melakukan berbagai hal.

Kepala Bidang Pemasaran Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Sumatera Utara, Mukhlis mengatakan, pihaknya telah melakukan berbagai kajian, yang hendak diperbaiki, agar menunjang peningkatan kunjungan wisatawan. 

"Kita sudah analisis, bagaimana kawasan Danau Toba ini, bisa mencapai satu juta wisatawan. Apalagi pemerintah sudah membuka Silangit. Pintu masuknya ada di Kualanamu, Silangit bahkan Pelabuhan Kuala Tanjung,"katanya Rabu (28/11/2018).

Ditambahkannya, meningkatkan pariwisata butuh kerja kolektif, tidak bisa badan otorita saja, namun harus bersama-sama secara kolektif. 

"Kementerian pariwisata sudah terus menerus menggaungkan danau toba. Kita juga lakukan sosialisasi sadar pariwisata dan pastinya promosi pariwisata. Promosi ini, harus ditonjolkan aman dan nyaman. Bagaimana orang mau datang, ada branding. Kita sadari beberapa hotel di Danau Tiba belum standar. Kualitas SDM harus ditingkatkan, agar perlahan bisa melayani dengan baik,"ujarnya. 

Selain itu, lanjut Mukhlis, untuk menarik wisatawan level atas, harus dipikiri langkah-langkah efektif. Seperti hal paling dasar hingga strategis. 

"Seperti internet dan ATM perlu juga. Sebab susahnya internet dan ATM juga menjadi kendala. Kalau Wifi dan ATM tidak banyak, bagaimana wisatawan nyaman untuk datang. Sementara wisatawan harus transaksi di sana,"jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, ia menuturkan, untuk wisatawan mancanegara, yang menjadi target terdekat adalah wisatawan asal negeri jiran Malaysia. Menurutnya, itu wisatawan negara tetangga akan sangat mungkin untuk mendatangi Danau Toba.

"Malaysia, bahkan di sana mereka bilang harus digencarkan promosi media di sana. Khususnya di Koran. Karena 40 tahun ke atas masyarakat di sana, masih banyak baca koran. Dan dari sana ke Silangit tidak lama penerbangan. Artinya sudah mudah aksesnya,"imbuhnya. (Jae9)
Komentar Anda

Berita Terkini