Pimpinan Umum, Pimpinan Redaksi Beserta Seluruh Jajaran wartawan dan staf HARIAN9, Mengucapkan Selamat Sukses Atas Terbentuknya PD BARUPAS KOTA MEDAN Pimpinan Umum, Pimpinan Redaksi Beserta Seluruh Jajaran wartawan dan staf HARIAN9, Mengucapkan Selamat Atas Suksesnya Pelaksanaan DEKLARASI PADI MINANG SUMATERA UTARA. SABTU, 12 JANUARI 2019, DI RUMAH GADANG BM3 SUMUT JL. ADINEGORO NO. 1 MEDAN

Bupati Aceh Tamiang Hadiri Kegiatan Simulasi Pengamanan Pemilu

Harian 9 author photo



ACEH TAMIANG| H9
Polres Aceh Tamiang adakan Kegiatan Simulasi Pengamanan Pemilihan Umum (Pemilu) Damai Pileg dan Pilpres tahun 2019, acara tersebut berlangsung di lapangan Tribun belakang Kantor Bupati  Kecamatan Karang Baru Kabupaten Aceh Tamiang. Rabu (28/11/2018).

Hasil pantauan dilokasi kegiatan, acara diawali dengan Sekenario simulasi pengamanan kotak suara Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) tahun 2019 di Kabupten Aceh Tamiang, serta tindakan terpadu petugas pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS), juga Pengamanan Pelindung Masyarakat (Pamlinmas) dalam menangani kerusuhan direal tersebut, begitu pula pada saat membawa kotak suara  ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK),  dengan menampilkan beberapa adegan.

"Adanya pendistribusuan logistik kotak suara dan kertas suara oleh Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Tamiang dengan pengawalan keamanan dari Polres  untuk disimpan di gudang PPK kecamatan setempat dan akan didistribusikan ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Kampung yang dilakukan pengawalan oleh aparat keamanan.

"Kegiatan Pencoblosan di TPS, Masyarakat sangat antusias dalam melakukan pencoblosan, setelah selesai pemungutan suara dan mendapatkan hasill penghitungan, kemudian hasil tersebut dibawa menujukantor KIP, dalam perjalanan sekelompok masa menghadang, meminta untuk diadakan pemilihan ulang.

"Tahapan rekapitulasi di kantor KIP berjalan dengan baik dan mendapat pengamanan yang ketat, namun karena adanya dugaan hasil tidak memuaskan, maka massa pendukung partai tertentu mengadakan aksi demo.

"Dalam aksi massa tersebut, turun  team negosiator yang berada di  kantor KIP  memberikan arahan kepada massa, tetapi massa tetap meminta agar dilakukan pencoblosan ulang dengan  mengindahkan penyampaian oleh pihak pengamanan.

"Massa yang dalam jumlah besar, semakin beringas, sehingga Satuan Pengendalian Masyarakat  (Dalmas) harus mengatasinya menggunakan  mobil AWC (Air Water Canon ).

"Situasi semakin tidak kondusif dan Polres Aceh Tamiang mendatangkan Kompi Penghalau Huru Hara (PHH) dari Brimob untuk mengatasi massa yang anarkis dan akhirnya semua dapat dikendalikan, serta keamanan kembali terjamin.

Hadir pada acara tersebut Bupati Aceh Tamiang H. Mursil, SH, Mkn, Kapolres Aceh Tamiang AKBP Zulhir Destrian, Sik, MH, Kasdim 0117/Atam  Mayor Inf A.Yani, Danyonif Raider Khusus 111/KB Letkol Inf Guruh Tjahyono, Ketua MPU Aceh Tamiang Drs. Ilyas Mustawa, Ketua Pengadilan Negeri Irwansyah Nasution,SH,  Ketua KIP  Ishak Ibrahim, S.pd, Wakapolres Aceh Tamiang Kompol M. Nuzir, Kasatpol PP dan WH Amirullah, WD, Dansub Pom Aceh Tamiang Lettu CPM Hafiz, Kabagops Polres Aceh Tamiang AKP Sukirno, SH,  Zulkifli anggota DPRK, Jajaran SKPK, Ketua Partai Peserta Pemilu, Jajaran Kapolsek se Kabupaten Aceh Tamiang, Angoota TNI / Polri, Masyarakat dan para tamu undangan lainnya. (Dani9)
Komentar Anda

Berita Terkini