Bupati Tapsel Canangkan Kegiatan Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan

Harian 9 author photo

TAPSEL| H9
Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) Syahrul M Pasaribu SH, membuka pencanangan Hari Kesatuan Gerak PKK Keluarga Berencana Kesehatan (KB-Kes) tingkat Kabupaten Tapsel tahun 2018, ditandai dengan pemukulan gong di Aula Hotel Sitamiang Padangsidimpuan, Senin (5/11).

Dengan mengusung tema, ‘ Kita Gerakkan Keluarga dan Masyarakat Hidup Sehat Menuju Indonesia Sejahtera’. Pencanangan Hari Kesatuan Gerak PKK-KB-Kes tesebut dihadiri Kadis PP dan PA Tapsel Dra. Tiorisma Damayanti, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Tapsel Abdul Saftar, Sekretaris Dinas Kesehatan Tapsel dr. Hodri, Wakil Ketua TP PKK Tapsel, para Camat se Tapsel, Ketua TP PKK Kecamatan,  Kepala Puskesmas dan Penyuluh KB se-Tapsel.

Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu mengatakan, Kesatuan Gerak PKK-KB-Kes merupakan salah satu agenda kegiatan yang telah diprogramkan TP PKK, sebagai wadah menyikapi dan menampung berbagai perubahan, serta tingkat kebutuhan yang terus berkembang dalam gerakan PKK, terutama menyangkut program kegiatan yang menjadi bagian penting untuk mewujudkan aspek pemberdayaan juga kemitraan dalam mendukung kinerja pemerintah di setiap tingkatan.

“Dengan program ini, pada akhirnya bisa mencapai target serta sasaran yang diinginkan, dan dapat terjalin kerjasama program kerja lintas sektoral, antara instansi terkait di wilayah Kabupaten Tapsel,“ ujar Syahrul.

Lebih lanjut dikatakan, 10 progam pokok PKK yang menjadi acuan pelaksanaan kerja pokok kader-kader PKK, akan menjadi garda terdepan dalam pembangunan kependudukan Keluarga Berencana dan Kesehatan di masyarakat.

“Dengan menggerakan kader-kader PKK hingga ke tingkat Desa/Kelurahan, akan menimbulkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya program KB dan Kesehatan bagi ibu dan anak serta keadilan gender hingga peran pria ikut program KB menjadi meningkat,“ terang Syahrul.

Ia juga mengharapkan, kegiatan Kesatuan Gerak PKK-KB-Kes terpadu ini bisa berjalan secara sinergis dan terarah, sehingga dalam pelaksanaan kegiatan ini kita mendapatkan hasil yang optimal dalam rangka terwujudnya Kabupaten Tapsel yang sehat dan sejahtera.

“Kepada semua pihak yang terkait untuk menyatukan langkah menekan laju pertumbuhan penduduk di Kabupaten Tapsel dengan melaksanakan program KB, dalam rangka terwujudnya Kabupaten Tapsel yang sehat dan sejahtera,“ katanya.

Sementara Kepala DPPKB Kabupaten Tapsel Abdul Saftar Harahap, menyampaikan tujuan umum dari program KB Kes adalah meningkatkan cakupan pelayanan yang adil dan berkualitas dalam program PKK KB-Kes.

Sedangkan tujuan khususnya adalah meningkatkan kemitraan PKK-KB-Kesehatan, Organisasi Kemasyarakatan, LSM, swasta, dan dunia usaha, meningkatkan jumlah kelompok dasa wisma, meningkatkan kualitas dan kuantitas Posyandu, meningkatkan pembinaan Pokja Posyandu, meningkatkan jumlah kader yang terampil, meningkatkan jumlah rumah tangga ber-PHBS di Tapsel, meningkatkan jumlah peserta KB baru, dan peserta KB aktif.

“Juga meningkatkan kualitas dan jangkauan pelayanan kesehatan dan keluarga berencana, meningkatkan kualitas pemberdayaan dan ketahanan keluarga, melalui kegiatan bina-bina keluarga, memantapkan peran kelembagaan dan 10 program PKK, khususnya di bidang KB dan kesehatan,“ ujar Saftar.

Pencanangan Hari Kesatuan Gerak PKK KB-Kes tingkat Kabupaten Tapsel tahun 2018,  diisi juga dengan penyerahan hadiah dan penghargaan oleh Bupati Tapsel kepada OPD dan Kecamatan yang berhasil meraih juara untuk kategori kinerja OPD tingkat Provinsi, kategori PHBS,  Kategori Posyandu,  Kategori LBS,  Kategori PKK-KB-Kes dan kategori Kampung KB Tingkat Provinsi Sumatera Utara. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar 

Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu SH, melakukan pemukulan gong saat membuka pencanangan Hari Kesatuan Gerak PKK KB-Kes tingkat Kabupaten Tapsel tahun 2018, ditandai dengan di Aula Hotel Sitamiang Padangsidimpuan, Senin (5/11). (Foto: Riswandy)



Komentar Anda

Berita Terkini