Curah Hujan Tinggi, Sejumlah Wilayah Tapsel Dilanda Bencana

Harian 9 author photo

TAPSEL| H9
Akibat curah hujan yang cukup tinggi, sejumlah wilayah di Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) dilanda bencana berupa banjir dan tanah longsor, termasuk di Kecamatan Angkola Selatan Kabupaten Tapsel.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa bencana longsor di tiga titik tersebut. Namun kerugian material mencapai puluhan juta rupiah akibat satu rumah milik Rugo Malao (60) ambruk ditimpa longsoran material tanah yang jatuh dari lereng perbukitan.

Informasi yang dihimpun, Jumat (9/11), curah hujan yang cukup tinggi melanda Kabupaten Tapsel terjadi sejak tiga hari terakhir, sehingga banjir dan longsor terjadi di beberapa wilayah Kecamatan, salah satunya di Kecamatan Angkola Selatan kabupaten Tapsel.

Di Kecamatan yang memiliki akses paling sulit, bencana banjir dan longsor terjadi di Lingkungan 8 Dusun Gua asom Kelurahan Pardomuan Kecamatan Angkola Selatan, Kamis (8/11), menyebabkan satu unit  rumah milik Rugo Malao (60) ambruk ditimpa longsoran material tanah yang jatuh dari lereng perbukitan di Dusun tersebut.

Di titik lainnya, tepatnya di Desa Gunung Baringin dan Dusun 3 Kampung Sedikit Mosa Julu Desa Gunung Baringin Kelurahan Pardomuan Kecamatan Angkola Selatan, Rabu (7/11) sekira pukul 21.30 WIB, juga terjadi longsor.

Selain menimbun bangunan rumah yang terbuat dari kayu di Lingkungan 8 Dusun Gua asom tersebut, akses jalan menuju dan dari arah ke PT. HTI dan PT.ANJ hingga ke Dusun Bukkas dekat Danau Siais terputus dan tidak bisa dilalui kenderaan.

Anggota Bhabinkamtibmas  Polres Tapsel Bripka Cepi Saepulloh dan anggota Babinsa dari Koramil 19 Siais Kodim 0212/TS Serka Kuntario saat melakukan evakuasi yang dibantu oleh masyarakat setempat mengatakan, longsor erjadi akibat curah hujan tinggi di eilayah tersebut.

“Para korban yang terkena dampak bencana longsor telah kami evakuasi ke tempat aman,“ ujar Bripka Cepi Saepulloh dan Serka Kuntario, seraya mengimbau agar warga tetap waspada, mengingat curah hujan masih tetap tinggi. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar

Akibat curah hujan yang tinggi, satu unit rumah warga milik Rugo Malao ambruk ditimpa longsoran material tanah yang jatuh dari lereng perbukitan di Lingkungan 8 Dusun Gua asom Kelurahan Pardomuan Kecamatan Angkola Selatan, Kamis (8/11). (Foto: Riswandy)




Komentar Anda

Berita Terkini