Dalam Rangka HUT Ke 55 Korem 172/PWY, Satgas Yonif 121/MK Beri pengobatan Gratis

Harian 9 author photo
PAPUA|H9
Komando Resort Militer 172/Praja Wira Yakthi (Korem 172/PWY) Kodam XVII/Cenderawasih selain sebagai Komando Kewilayahan yang membawahi beberapa Kodim yang berada di beberapa Kota dan Kabupaten di Provinsi Papua yaitu Kodim 1701/Jayapura.

Kodim 1702/Jayawijaya dan Kodim 1712/Sarmi juga mengemban tugas sebagai Komando Pelaksana Operasi (Kolakops) yang membawahi Satuan Tugas (Satgas) TNI sebagai Pengamanan Perbatasan (Pamtas) negara antara Indonesia dan Papua Nugini (PNG) di Sektor Utara Provinsi Papua yang bertanggung jawab langsung kepada Pangdam XVII/Cenderawasih.

Saat ini Korem 172/PWY sebagai Kolakops Satgas Pamtas RI dan PNG membawahi 3 Batalyon Infanteri (Yonif) yang ada di Sektor Utara yaitu Yonif Para Raider 501/Kostrad, Yonif 121/MK dari Kodam I/Bukit Barisan dan Yonif Raider Khusus 644/Wls dari Kodam XII/Tanjungpura dimana ketiga Satgas tersebut mengemban tugas pokok yaitu melaksanakan operasi pengamanan perbatasan wilayah darat antara negara RI dan PNG, mencegah pergeseran Patok Batas Negara dan mencegah kegiatan illegal lainnya di sekitar wilayah perbatasan negara.

Dalam rangka HUT Korem 172/PWY yang akan genap berusia 55 tahun pada tanggal 7 November 2018 mendatang, Satgas Yonif 121/MK menggelar Penyuluhan Hukum dan Pengobatan Massal gratis kepada warga di sekitar perbatasan negara yaitu di Kampung Sawiyatami Distrik Mannem Kabupaten Keerom Papua pada Kamis, 1 November 2018. 
Selain sudah direncanakan sebelumnya oleh Satgas Yonif 121/MK kegiatan tersebut juga atas permintaan dari warga setempat agar diberikan penyuluhan hukum terutama kepada generasi muda akan bahaya dan sanksi hukum dalam mengkonsumsi minuman keras (Miras) serta Narkotika dan obat-obatan berbahaya (Narkoba).

Penyuluhan hukum dengan narasumber Perwira Hukum (Pakum) Satgas Yonif 121/MK Kapten Chk B. Karo Karo memberikan materi hukum tentang sanksi hukum terhadap mengkonsumsi Miras dan penyalahgunaan narkoba.
Setelah warga menerima materi penyuluhan hukum kemudian dilanjutkan dengan pengobatan massal secara gratis kepada warga. Tim Kesehatan Satgas Yonif 121/MK di bawah pimpinan Komandan Peleton Kesehatan (Dantonkes) Lettu Ckm J. Nainggolan dengan 10 orang anggotanya yang telah memiliki kualifikasi kesehatan dan penanggungjawab Dokter Satgas Yonif 121/MK Letda Ckm dr. Agus Pigur memberikan pelayanan kesehatan kepada warga yaitu, dengan materi pengobatan umum dari segala kelompok umur dengan target pencapaian pasien 100 orang atau lebih.

Komandan Satgas (Dansatgas) Yonif 121/MK Letkol Inf Imir Faishal dalam kesempatan tersebut mengatakan kegiatan yang dilaksanakan ini merupakan bentuk bhakti sosial kepadulian Korem 172/PWY kepada masyarakat yang kurang mampu yang membutuhkan perhatian khusus dan terutama kepada generasi muda di Kampung Sawiyatami agar tidak terjerumus kepada miras maupun penyalahgunaan narkoba.

Dansatgas juga menambahkan bahwasannya selain sebagai pasukan penjaga perbatasan negara, Satgas Yonif 121/MK juga turut mendukung tugas Kolakops yaitu Korem 172/PWY dalam memberikan perhatian dan membantu masyarakat yang berada di wilayah tanggung jawab teritorial Korem 172/PWY.

Dengan adanya kegiatan penyuluhan hukum dan pengobatan massal ini mendapat respon positif dari masyarakat yang ada di Kampung Sawiyatami, seperti yang diungkapkan Kepala Kampung Sawiyatami Bapak Manfred Bagiasi yang juga menyempatkan diri untuk mengikuti penyuluhan hukum dan mendapatkan pelayanan kesehatan dari Satgas Yonif 121/MK. 

Manfred Bagiasi yang mewakili warga Kampung Sawiyatami juga mengucapkan terimakasih atas kegiatan yang telah dilakukan oleh Satgas Yonif 121/MK dalam rangka HUT Korem 172/PWY semoga kegiatan tersebut bermamfaat bagi warganya dan semoga TNI serta Korem 172/PWY tetap dicintai rakyat. (HJ9)


Komentar Anda

Berita Terkini