Dinkes Sumut Sukseskan HKN Ke 54

Harian 9 author photo

MEDAN| H9
Untuk peringati Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang setiap tahun jatuh pada tanggal 12 November, Dinas Kesehatan Sumatera Utara (Dinkes Sumut) tahun 2018 ini akan libatkan lintas sektor dan lintas program terkait untuk mensukseskan HKN ke 54 di Sumut.

Bertemakan ‘Ayo Hidup Sehat Mulai Dari Kita’ Kepala Dinkes Sumut, Agustama menuturkan dalam temu persnya yang didampingi oleh Sekretaris Dinkes Medan Ridesman, Kabid Kesmas Teguh, Kasi Promkes Ayu, Kabid Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Dinkes Sumut NG. Hikmet, di mana terdapat 2300 yang hadir dalam kegiatan ini. Seperti diketahui seremoni HAK setiap tahun digelar.

“Pada tahun ini kita laksanakan cukup berbeda dari tahun-tahun sebelumnya biasanya mengisi acara HKN kita buat jalan santai, ada juga seminar dan pengobatan gratis hanya di Medan saja. Nah, tahun ini akan diadakan di 2 Kabupaten/Kota di buln ini di Medan dan bulan Desember di Belawan. Dan, pada 2019 rencana kita akan gelar di 6 kabupaten kota dengan sistem pelayanan kepada masyarakat secara bergerak ke rumah-rumah,” jelasnya pada wartawan Harian9, di Medan, Kamis (8/11/2018) Sore.

Agustama juga menuturkan, sistem pelayanan kepada masyarakat secara bergerak ke rumah-rumah ini bertujuan agar masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan sebab masih banyak juga masyarakat yang belum tersentuh pelayanan kesehatan atau belum pernah datang ke pelayanan kesehatan yang disebabkan banyak faktor mulai dari ekonomi atau lokasi yang jauh.

“HKN akan direncanakan digelar di Astaka pada 12 November mendatang yang akan dihadiri oleh wakil gubernur Sumut. Sedangkan pelaksanaan HKN di Karo pada 26 November di dalam kegiatan ini pada pagi harinya akan digelar senam bersama, dilanjutkan dengan pelepasan 4 unit ambulans di 4 titik bakti sosial yaitu Kecamatan Tiganderket, Kecamatan Juhar, Kecamatan Lau baleng dan Berastagi sebagai pusat. Kita juga akan membagikan kacamata gratis di 3 kecamatan serta kegiatan pemeriksaan kesehatan lainnya,” tutur Agustama seraya berkata HKN kali ini juga melibatkan Rumah Sakit TNI.

Selain pihak terkait, Agustama juga melibatkan sejumlah wartawan yang berasal dari Forum Wartawan Kesehatan (Forwakes) dalam wacana kegiatan HKN ini.

Sekretaris Dinkes Sumut, Ridesman, menambahkan terkait dipilihnya tema HKN ke 54 di Sumut ‘Ayo Hidup Sehat Mulai Dari Kita’ diharapkan masyarakat khususnya diri sendiri bertanggung jawab dengan kesehatan dan bahwa urusan kesehatan tidak hanya pihak Dinkes saja tapi setiap orang wajib mengambil tanggung jawab utama promotif dan preventif.

“Karena kalau kuratif atau sakit sudah ada Rumah Sakit dan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang mengcovernya,” kata Ridesman.

Sementara itu, Kabid Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Dinkes Sumut dr. NG. Hikmet menuturkan dalam. HKN ini terdapat 3 prioritas pengendalian penyakit yaitu Tuberculosis (TB), Imunisasi dan Stunting. 

“Untuk itu ada progres dan butuh waktu. Sampai saat ini sudah 70% success rate dan bisa dicapai di 2018 untuk program Tuberculosis. Pada awal 2018 penderita TB di tingkat Kota Medan yang kita sisir sudah sekitar 10 ribu, ada sistem pelaporannya. Program Imunisasi kita memang tertinggal msh 70% target 95%  dan ini harus kita capai. Dimana program imunisasi seperti kampanye campak rubella akan masuk ke program nasional dan menjadi program rutin. Sedangkan Stunting tentu multifaktor problem tidak faktor kesehatan sebab faktor kesehatan itu muncul di akhir. Jadi, asupan gizi tentu harus bisa didapatkan dan diproduksi gizi itu di rumah,” pungkasnya. (Jae9)
Editor: Mardan H Siregar 

Kepala Dinkes Sumut, Agustama dalam temu persnya yang didampingi oleh Sekretaris Dinkes Medan Ridesman, Kabid Kesmas Teguh, Kasi Promkes Ayu, Kabid Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Dinkes Sumut NG. Hikmet di Medan. (Foto: Jaenal Abidin)



Komentar Anda

Berita Terkini