Pimpinan Umum, Pimpinan Redaksi Beserta Seluruh Jajaran wartawan dan staf HARIAN9, Mengucapkan Selamat Sukses Atas Terbentuknya PD BARUPAS KOTA MEDAN Pimpinan Umum, Pimpinan Redaksi Beserta Seluruh Jajaran wartawan dan staf HARIAN9, Mengucapkan Selamat Kepada Saudara Ir. KHAIRI AMRI Atas Terpilih Menjadi KETUA PW BARUPAS SUMATERA UTARA PERIODE 2018 - 2023

DPP BKPRMI Dukung Kajati Sumut Dalam Melaksanakan Program Kejagung

Harian 9 author photo
Wasekjend DPP BKPRMI Malik Assalih Harahap, ST, berfoto bersama dengan Kajatisu  Fachruddin SH, MH di ruang kerja Kajatisu di Kantor Kejatisu baru-baru ini.  (Foto : Ist)


TAPSEL| H9
Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Badan Komunikasi Pemuda Remaja Mesjid Indonesia (BKPRMI), mendukung Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sumatera Utara (Sumut) Fachruddin SH, MH dalam menjalankan program prioritas Kejaksaan Agung Republik Indonesia (Kejagung RI) tentang pencanangan Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) khususnya di Sumut.

“ Dalam melaksanakan tugasnya sebagai Kajati Sumut, tentu perlu dukungan semua pihak baik internal dan maupun eksternal khususnya dari masyarakat Sumut, “ ujar Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjend) DPP BKPRMI Malik Assalih Harahap, ST, Jum,at (23/11)

Lebih lanjut Malik mengutarakan, sesuai Keputusan Jaksa Agung RI Nomor :Kep-152/A/JA/10/2015 dan Instruksi Jaksa Agung RI Nomor:Ins-001/A/JA/10/2015, dimana tugasnya mengawal pembangunan agar berjalan lancar karena selama ini banyak Kepala Daerah, maupun pengguna anggaran yang mengalami keraguan dalam menjalankan programnya karena takut salah langkah dan akhirnya akan mengakibatkan rendahnya serapan anggaran.

“ Institusi Kejaksaan yang dikenal sebagai institusi penegak hukum kini tidak lagi fokus pada penuntutan, penyelidikan dan penyidikan tindak pidana korupsi, tetapi mulai fokus melakukan upaya preventif lewat beberapa upaya yang salah satunya lewat pendampingan Tim Pengawalan, Pengamanan Pemerintahan dan Pembangunan Pusat (TP4P) dan Tim Pengawalan, Pengamanan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D), “ katanya.

Terkait dalam menjalankan program prioritas Kejagung RI tentang pencanangan WBK dan WBBM, Ketua Penasehat Pengurus Pusat Gerakan Mahasiswa Sumatera Utara (PP Gemasu) ini menegaskan, TP4D sebagai wadah pendampingan dalam melaksanakan kegiatan pembangunan pemerintah tujuannya agar para pelaksana kegiatan khususnya pengadaan barang dan jasa terhindar dari persoalan hokum.

“ TP4D bukan tempat berlindung dari berbagai masalah melainkan sebagai tempat mencari solusi hukum sehingga bersifat pencegahan. Untuk itu, program Kejagung yang dijalankan oleh Kajati Sumut Fachruddin, SH, MH agar kita dukung bersama, semoga Kejaksaan mendapat trust dari masyarakat, “ tegas mantan aktivis Mahasiswa ini..

Malik Assalih Harahap menambahkan, Kajati Sumut Fachruddin SH, MH sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Sumut, karena beliau pertama kali bertugas di Cabang Kejaksaan Negeri (Cabjari) Siborong-borong dan pernah menjabat sebagai Asisten Pidana Umum (Aspidum) di Kejati Sumut.

“ Ini modal sangat berharga untuk beliau, disamping beliau putra asli Sumut, walaupun lahir di Aceh dan besar di Pulau Jawa. Tetapi, tidak bisa dipungkiri beliau memang masih perlu dukungan semua pihak termasuk masyarakat, beliau tentunya tidak bisa berbuat apa apa tanpa dukungan masyarakat karena kalau sudah didukung masyarakat dengan sendirinya akan memudahkan tugas Kejaksaan, “ tuturnya.

Ia juga yakin, Kajati Sumut Fachruddin, SH, MH yang terkenal disiplin akan sukses melakasanakan tugasnya karena beliau sudah berpengalaman sebagai Kajati Papua yang watak dan karakter masyarakatnya jauh lebih keras dari Sumut.

“ Fahruddin, SH, MH sudah malang melintang di 13 Propinsi dalam melaksanakan tugas, artinya sudah banyak mengenal berbagai karakter masyarakat, ini bisa sebagai modal beliau dalam melaksanakan tugas dengan sebaik baiknya, ujar Malik. (Wan9)
Komentar Anda

Berita Terkini