MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT"

Harganas 2018, Walikota Padangsidimpuan Tekankan Pentingnya Interaksi Keluarga

harian9.com author photo

PADANGSIDIMPUAN| H9
Keluarga merupakan bagian yang tak terpisahkan dari diri kita, karena seluruh cinta dan kasih sayang yang kita miliki berasal dari keluarga. Oleh karena itu, sangat penting untuk meningkatkan kegiatan interaksi di lingkungan keluarga sehingga hubungan di antara anak dan orangtua bisa semakin erat.

Demikian disampaikan Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, SH pada acara peringatan Peringatan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) Ke- XXV Tahun 2018 Tingkat Kota Padangsidimpuan, yang berlangsung di aula SMKN 1 Padangsidimpuan, Rabu (14/11).

Acara yang dihadiri pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Direktur RSUD Padangsidimpuan Drg.Hj.Nurlaila Hayati, juga dirangkai dengan penyerahan bantuan kepada penerima program rumah ‘Aladin’ (Atap,Lantai dan Dinding) kepada Bapak Heri Porsa Muda dari Kelurahan Hutaimbaru Kecamatan Padangsidimpuan Hutaimbaru, penyerahan bantuan ATTG, Kelompok UPPKS Jeruk Kelurahan Hanopan Kecamatan Padangsidimpuan Selatan dan penyerahan bantuan Genre KIT kepada kelompok PIK-R SMA Islam terpadu Darul Hasan, SMP Islam Terpadu Bunaiya dan SMP Negeri 3 Padangsidimpuan.

Lebih lanjut Walikota menyampaikan, di dalam pembangunan manusia dan pembangunan keluarga, pemerintah berupaya memperkuat interaksi dengan meningkatkan sinergitas dan koordinasi antar lembaga dan lintas sektoral.

“Harganas tahun ini merupakan momentum untuk mendorong keluarga untuk jadi lebih baik dan berharap peringatan Harganas juga dapat diperingati di tingkat Kecamatan, sehingga ada terobosan dan innovasi baru,“ katanya.

Ia menambahkan, perkembangan tekhnologi tidak boleh menghilangkan interaksi atau komunikasi di antara ayah, ibu, dan anak. Tekhnologi tidak mungkin kita larang, karena itu memang sudah menjadi suatu kebutuhan di era globalisasi ini. Cuma pemakaiannya, kebutuhannya, dan bagaimana pemanfaatannya itu yang harus selalu kita waspadai.

“Kita berada ditengah perubahan atau pergeseran budaya yang mana teknologi berkembang sangat pesat seperti penggunaan smartphone pada anak-anak yang bebas dan tidak dibatasi bisa berakibat buruk. Untuk itu kita bisa menjadi inisiator agar kearifan lokal yang diajarkan orangtua kita dulu bisa dipertahankan,“ terangnya.

Sementara Kepala Dinas (Kadis) Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PP & KB) Kota Padangsidimpuan Drs. Khairul Alamsyah, melaporkan, kegiatan ini sebagai tindak lanjut Harhanas ke XXV tingkat Provinsi Sumatera Utara tanggal 15 September di Kabupaten Serdang Bedagai, yang tujuannya menigkatkan kepedulian pemerintah baik pusat maupun daerah tentang pentingnya pembangunan keluarga, serta meningkatkan kepedulian dan peran aktif semua stakeholder dan mitra kerja dalam upaya membangun keluarga sejahtera.

“Kiranya melalui kegiatan ini dapat meningkatkan kesekawanan keluarga tentang peran dan fungsi keluarga guna mewujudkan keluarga kecil yang berketaraan dan sejahtera dan meningkatkan peran serta masyarakat dalam mendukung program Kependudukan & KB di lini lapangan, serta meningkatkan peran keluarga melalui 8 fungsi keluarga sebagai dasar keluarga yang tangguh dan berbudaya,“ terang Khairul. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar

Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, SH memberikan sambutan pada acara peringatan Peringatan HARGANAS Ke XXV Tahun 2018 Tingkat Kota Padangsidimpuan, yang berangsung di aula SMKN 1 Padangsidimpuan, Rabu (14/11). (Foto: Riswandy)





Komentar Anda

Berita Terkini