Hari Pahlawan Jadi Momentum Untuk Intropeksi Diri

Harian 9 author photo

TAPSEL| H9
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapanuli Selatan (Tapsel) menggelar upacara Peringatan Hari Pahla­wan tahun 2018 di halaman kantor Bupati Tapsel, Jalan Prof. Lafran Pane, Sipirok, Sabtu (10/11).

Bertindak sebagai Inspektur Upscara (Irup) Syahrul M. Pasaribu, Komandan Upacara Kapten Inf. Sudirman Pakpahan dihadiri Ketua DPRD Tapsel H Rahmat Nasution, Wabup Tapsel Ir. Aswin Efendi Siregar, MM, Forkopimda Tapsel, Sekda Tapsel Drs. Parulian Nasution, MM, para Asisten, pimpinan OPD, perwakilan Aparatur Sipil Negara (ASN), pelajar, TNI, Polri, Veteran, OKP dan Ormas.

Dalam amanat tertulis Menteri Sosial RI Agus Gumiwang Kartasasmita yang dibacakan Bupati Tapsel Syahrul M. Pasaribu mengatakan, Peringatan Hari Pahlawan 10 November 2018 yang  mengambil tema 'Semangat Pahlawan Di Dadaku', mengandung makna, dalam diri setiap insan tertanam nilai-nilai kepahlawanan.

"Oleh karenanya siapapun dapat menjadi pahlawan bagi setiap warga negara Indonesia tanpa kecuali yang dapat berinisiatif, mengabdikan hal yang bermanfaat untuk kemaslahatan diri, lingkungan sekitar maupun bangsa dan negara," ujarnya.

Dikatakan, peringatan Hari Pahlawan menjadi momentum bagi bangsa Indonesia untuk melakukan introspeksi diri, karena setiap komponen bangsa dapat mewarisi nilai-nilai kepahlawanan untuk melanjutkan perjuangan, mengisi kemerdekaan demi tercapainya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang sejahtera, adil dan makmur.

"Peringatan hari pahlawan harus melahirkan ide-ide dan gagasan serta mentransformasikan semangat pahlawan menjadi keuletan dalam melaksanakan pembangunan. Negeri ini juga membutuhkan pemuda yang mempunyai pandangan global, mampu berkolaborasi dan mampu memanfaatkan kemajuan teknologi, agar negara Indonesia dapat diperhitungkan dalam bersaing dan bersanding dengan negara lain,"  jelasnya.

Mensos juga mengajak seluruh generasi muda untuk berbuat yang terbaik bagi bangsa ini dan dapat  berkontribusi untuk kemajuan bangsa serta torehkan prestasi yang membawa harum nama bangsa dan negara.

Usai upacara dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis kartu BPJS Kesehatan kepada salah seorang veteran dan sekaligus menyerahkan tali asih kepada veteran dan janda veteran oleh Bupati Tapsel, didampingi Forkopimda Tapsel, Wabup Tapsel Aswin Efendi Siregar dan Sekda Tapsel Parulian Nasution.

Selanjutnya, Bupati dan Forkopimda Tapsel melaksanakan ziarah dan sekaligus tabur bunga ke Taman Makam Pahlawan Sahala Muda Pakpahan, di Lembah Bukit Tor Simago-mago, Sipirok. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar

Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu bersama Ketua DPRD Tapsel H Rahmat Nasution, Wabup Tap­sel Ir. Aswin Efendi Siregar, MM, Forkopimda Tapsel, foto bersama usai upacara Peringatan Hari Pahlawan tahun 2018 di halaman kantor Bupati Tapsel, Jalan Prof. Lafran Pane, Sipirok, Sabtu (10/11). (Foto: Riswandy)












Komentar Anda

Berita Terkini