Kader Posyandu di Desa Merupakan Ujung Tombak Sebagai Pejuang Kesehatan

Harian 9 author photo

TAPSEL| H9
Tim Penggerak PKK Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) menggelar lomba Posyandu Tingkat Kabupaten Tapsel Tahun 2018, yang dibuka Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Tapsel, diwakili Sekretaris Mara Tinggi Siregar, di Aula MAN 2 Padangsidimpuan, Kamis (8/11).

Lomba Posyandu yang mengusung Tema, ‘Melalui Lomba Posyandu Kita Tingkatkan Keterampilan Kader dan Partisipasi Masyarakat Dalam Pelaksanaan Pelayanan Dasar Kesehatan di Desa Menuju Kelembagaan Mandiri’, diikuti para kader pilihan Posyandu dari seluruh Kecamatan yang ada di Kabupaten Tapsel.

Acara lomba dinilai oleh empat orang dewan juri yaitu,  Hj. Mawarni,  dr Emi,  Ny. Levi Hamonangan dan Ny. Vita Ali Akbar dengan materi lomba tertulis dan praktek penyuluhan dari perwakilan kader Posyandu dari setiap Kecamatan.

Dalam Sambutan tertulisnya, Kepala Dinas PMD Tapsel Yusuf Nasution disampaikan Sekretaris Mara Tinggi Siregar menyebutkan, kader Posyandu di Desa merupakan ujung tombak sebagai pejuang kesehatan.

“Melalui kegiatan ini, saya berharap agar seluruh kader Posyandu baik di Desa maupun Kelurahan,  agar betul-betul membina masyarakat demi terciptanya ibu yang sehat dan anak yang sehat,“ harapnya. 

Sementara Ketua TP PKK Tapsel Ny. Syaufia Lina Syahrul M Pasaribu dalam sambutannya mengharapkan dengan digelarnya lomba tersebut,dapat tercipta kader Posyandu yang handal dan kiranya kepada seluruh kader posyandu untuk selalu berkoordinasi dengan Camat dan Kepala Puskesmas agar secara rutin menggelar pelatihan terhadap kader Posyandu di Desa dan Kelurahan masing-masing. 

“Dengan digelarnya lomba tersebut kiranya lebih memotivasi para kader Posyandu agar bekerjasama dengan bidan desa sehingga bisa membantu Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu dalam mewujudkan visi misinya menjadikan rakyat Tapsel yang sehat,“ ujar Syaufia. 

Menyinggung Dana Desa,  dia menghimbau kepada seluruh kader Posyandu untuk memanfaatkan Dana Desa di tahun 2019 dalam peningkatan kapasitas Posyandu, seperti pemberian dana sehat dan mengganti segala peralatan Posyandu yang lebih baik.

“Saya mengucapkan selamat berlomba kepada seluruh kader Posyandu, junjung tinggi sportivitas dan kejujuran dalam bertanding, semoga dapat menjadi yang terbaijk dan membawa nama harum Kecamatan masing-masing,“ katanya. 

Di penghujung lomba keluar sebagai juara dan berhak mendapatkan uang pembinaan masing-masig, Juara 1 Kecamatan Batang Angkola, Juara II Kecamatan Marancar, Juara III Kecamatan Aek Bilah, Harapan I Kecamatan Sipirok, Harapan II Kecamatan Tantom Angkola dan Harahap III Kecamatan Muara Batang Toru. 

Sementara 9 Kecamatan lainnya yang belum berhasil meraih juara juga mendapatkan uang pembinaan serta seluruh peserta lomba mendapatkan kaos yang diberikan secara simbolis oleh Ketua TP PKK Tapsel. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar

TP PKK Tapsel Ny. Syaufia Lina Syahrul M Pasaribu menyerahkan souvenir berupa kaos kepada perwakilan peserta lomba Posyandu Tingkat Kabupaten Tapsel Tahun 2018, di Aula MAN 2 Padangsidimpuan, Kamis (8/11). (Foto: Riswandy)






Komentar Anda

Berita Terkini