Ketua TP PKK Tapsel: Orang Tua Sangat Berpengaruh Terhadap Pola Asuh Anak

Harian 9 author photo

TAPSEL| H9
Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) Ny. Hj. Syaufia Lina Syahrul M Pasaribu mengatakan, faktor yang paling dominan yang bisa mempengaruhi pola asuh anak dan remaja adalah orangtua, kemudian lingkungan. Untuk itu keberadaan orangtua dan para tokoh masyarakat dalam memberikan bimbingan sangat diperlukan. 

Hal itu disampikan Ny. Hj. Syaufia Lina Syahrul M Pasaribu dalam sambutannya saat menyambut kedatangan rombongan TP PKK Provinsi Sumatera Utara (Sumut), dipimpin Ny.  Nani Juffri Eddy, dalam rangka melakukan evaluasi desa percontohan pelaksanaan Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR) di Kabupaten Tapsel tahun 2018, bertempat di Desa Silaiya Kecamatan Sayurmatinggi Kabupaten Tapsel, Rabu (7/11).

Lebih lanjut Syaufia menyampaikan, jauh-jauh hari pihaknya telah melakuk sosialisasi di Desa Silaiya yang memiliki populasi penduduk sebanyak 1500 jiwa dengan 409 Kepala Keluarga (KK) sebagai desa percontohan binaan PKK kategori PAAR, sehingga tim evaluasi PKK Propinsi Sumut melakukan evaluasi terhadap Desa ini dan hasilnya saat ini Desa Silaiya masuk 6 besar untuk dilakukan penilaian kembali apakah layak atau tidak sesuai standar nilai yang ditentukan oleh tim Provsu untuk bisa menjadi juara satu di tingkat provinsi Sumut.

Kepada tim evaluasi, Ny. Syaufia Lina Syahrul M Pasaribu juga mengatakan, TP PKK Kabupaten Tapsel beserta dinas terkait, telah melaksanakan pembinaan dan pembenahan di Desa Silaiya sesuai dengan program masing-masing dengan harapan pelaksanaan PAAR ini tidak berhenti setelah dilakukan penilaian, tetapi bisa berkelanjutan (suistainable) di masa yang akan datang. 

Ketua tim evaluasi TP PKK Provsu Ny. Nani Juffri Eddy mengatakan, sebagai tim penilai pihaknya mengapresiasi kedekatan Ketua TP PKK Tapsel yang bersentuhan langsung dengan masyarakat serta kehadiran sejumlah pimpinan OPD dalam evaluasi tersebut yang merupakan nilai tambah.

Dalam tanya jawab dengan Ketua TP PKK Desa Silaiya, tim penilai melakukan verifikasi dan mengecek sesuai standarisasi, apakah Desa Silaiya yang sudah masuk 6 besar tingkat Provinsi Sumut sudah memenuhi kriteria untuk bisa menjadi pemenang, namun beberapa hal yang harus diperhatikan dan pertimbangkan dengan cermat dan teliti seperti tertib administrasi, PAAR, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), UP2K PKK, Hatinya PKK, dll.

“Kami terkesan dengan tes yang dilakukan kepada seluruh anak remaja Desa Silaiya yang negatif  narkoba dan BNNK Tapsel akan menetapkan Desa tersebut sebagai percontohan Desa bebas narkoba,“ ucapnya.

Sementara Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu, dalam sambutan tertulisnya yang disampaikan Kepala Dinas PP & PA Tapsel Dra. Tiorisma Damayanti menyebutkan, anak merupakan aset bangsa yang harus dibekali dengan ilmu pengetahuan yang positif supaya tidak terjerumus kepada hal-hal yang negatif apalagi di zaman teknologi canggih seperti sekarang ini.

“Untuk itu sangat penting kehadiran dan dukungan pihak Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sebagai penanggungjawab kegiatan desa binaan dalam usaha membina Desa Silaiya yang juga dibantu dengan P2TP2A Tapsel dalam membina anak remaja,“ tutur Tiorisma.

Pada kesempatan tersebut, Disdukcapil Tapsel membagikan 60 Akte Kelahiran kepada anak desa Silaiya. Selain itu juga ditampilkan hasil didikan anak PAUD Azimah Desa Silaiya yang bernama Khalisa. Tidak ketinggalan juga Penampilan dokter cilik dari SD Negeri 101104 Silaiya yang mempraktekkan cara membalut luka dan patah tulang dan yang makin menambah seru suasana evaluasi adalah pertunjukan sosio drama oleh kelompok Karang Taruna Desa Silaiya. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar 

Ketua TP PKK Kabupaten Tapsel Ny. Hj. Syaufia Lina Syahrul M Pasaribu, bersama anak Desa Silaiya, di sela-sela penyambutan rombongan TP PKK Provinsi Sumut, dalam rangka evaluasi desa percontohan pelaksanaan PAAR tahun 2018, di Desa Silaiya Kecamatan Sayurmatinggi Kabupaten Tapsel, Rabu (7/11). (Foto: Riswandy)










Komentar Anda

Berita Terkini