Pimpinan Umum, Pimpinan Redaksi Beserta Seluruh Jajaran wartawan dan staf HARIAN9, Mengucapkan Selamat Sukses Atas Terbentuknya PD BARUPAS KOTA MEDAN Pimpinan Umum, Pimpinan Redaksi Beserta Seluruh Jajaran wartawan dan staf HARIAN9, Mengucapkan Selamat Kepada Saudara Ir. KHAIRI AMRI Atas Terpilih Menjadi KETUA PW BARUPAS SUMATERA UTARA PERIODE 2018 - 2023

Kopi Arabika Sipirok Peroleh Sertifikat Lisensi Dari Kemenhumkam RI

Harian 9 author photo
TAPSEL| H9
Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) boleh berbangga hati, karena salah satu produk unggulan dari sector perkebunan yakni Kopi Arabika Sipirok, telah di akui dan memiliki hak paten sendiri setelah Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Republik Indonesia menerbitkan sertifikat lisensi untuk produk unggulan tersebut.

Sertifikat Lisensi Kopi Arabika Sipirok, diserahkan Staf Ahli dari Kemenhumkam RI, DR Rialdy kepada Bupati Tapsel Syahrul M.Pasaribu, disaksikan perwakilan management PT.Nort Sumatera Hidro Energy (SNHE) Forpimda Tapsel, Sekdakab Tapsel Drs. Parulian Nasution, Kepala Dinas Pertanian Tapsel Ir. H. Bismark Muaratua Siregar, di sela-sela pembukaan pameran pembangunan Tapsel di lapangan Sarasi II Bintuju, Kecamatan Angkola Muara Tais, Senin (19/11/2018). 

Dalam sambutannya, Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu menucapkan terimakasih dan mengapresiasi atas penyerahan sertifikat Indiskasi Geografis (IG) dari Kemenkumham RI, atas produk unggulan dari sector perkebunan yakni Kopi Arabika Sipirok.

“ Kopi Arabika Sipirok kini sah mengantongi sertifikat IG dari Kemenkumham RI. Sertifikat dan menjadi sertifikat lisensi untuk produk unggulan Tapsel yakni Kopi Arabika Sipirok, sehingga berhak untuk memiliki hak paten, “ ujar Syahrul.

Dikatakannya, sertifikat IG Kopi arabika Sipirok itu sendiri dikeluarkan Kemenhumkam melalui Dirjen Kekayaan Intelektual dan banyak keuntungan yang di dapatkan setelah mendapatkan sertifikat IG tersebut.

“Masyarakat Tapsel menyambut baik keluarnya sertifikat yang diharap dapat meningkatkan pendapatan petani kopi Sipirok kedepan, karena Kopi Arabika Sipirok telah mendapat pengakuan dari International. Orang lain tidak lagi bisa sesuka hati 'menjual-jual' nama produk Kopi Sipirok di luar sana tanpa adanya cap IG Tapsel, “ katanya.

Lebih lanjut Syahrul menyampaikan, produk kopi Sipirok sudah sangat diminati dalam dan luar negeri, seperti negara Korea, Cina, Australia, Singapore, Jepang, Amerika dan lainnya disamping negara sendiri.

“Saya megajak seluruh petani kopi di Tapsel agar memanfaatkan peluang bisnis ini setelah diterbitkannya sertifikat IG ini, karena memiliki keuntungan sendiri yakni, dengan stempel IG ada perbedaan harga, dimama produk kopi Arabika dengan cap IG sudah barang tentu harganya juga berbeda, dan produk ini juga di promosikan di pasar khusus, “ katanya.

Syahrul juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak terutama kepada management PT.NSHE, selaku pelaksana proyek Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Batangtoru dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi petani kopi Sipirok.

“Dengan keluarnya serifikat IG yang tidak lepas dari peranserta maupun perhatian PT NSHE, selaku pelaksana PLTA Batangtoru, sehingga kesejahteraan ekonomi petani kopi Sipirok kedepan semakin meningkat, “ paparnya.

Sementara perwakilan management PT.NSHE, Ny. Dede, menyatakan keseriusan pihaknya membantu mendapatkan sertifikat IG Kopi Arabika Sipirok setelah melihat potensi sumber daya lokal berupa produk unggulan perkebunan yakni tanaman kopi yang dinilai mampu meningkatkan kemandirian komunitas masyarakat itu sendiri.

“ Diharapkan, dengan sertifikat IG ini, petani kopi Arabika Sipirok untuk lebih giat dan menjaga kualitas kopi, sehingga Kopi Arabika Sipirok ini semakin diminati, yang muaranya bisa meningkatkan perekonomian masyarakat petani kopi, “ tuturnya.  (Wan9)


Komentar Anda

Berita Terkini