Pimpinan Umum, Pimpinan Redaksi Beserta Seluruh Jajaran wartawan dan staf HARIAN9, Mengucapkan Selamat Sukses Atas Terbentuknya PD BARUPAS KOTA MEDAN Pimpinan Umum, Pimpinan Redaksi Beserta Seluruh Jajaran wartawan dan staf HARIAN9, Mengucapkan Selamat Kepada Saudara Ir. KHAIRI AMRI Atas Terpilih Menjadi KETUA PW BARUPAS SUMATERA UTARA PERIODE 2018 - 2023

KPU Paluta Kembali Rekrut Dua Calon PPK Pemilu 2019

Harian 9 author photo

PALUTA| H9
Menghadapi pelaksanaan Pemilihan Umum tahun 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) kembali rekrut dua orang calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pemilu tahun 2019, dengan melakukan tes wawancara di aula Kantor KPU Paluta yang berlangsung selama dua hari yakni, Senin dan Selasa (19-20/11).

Ketua KPU Paluta, Rahmat Hidayat Siregar SP mengatakan, perekrutan dua calon anggota PPK tambahan yang akan dilakukan KPU Paluta merupakan tindak lanjut putusan Mahkamah Konstitusi (MK) nomor 31/PUU-XVI/2018 tentang proses penambahan jumlah PPK minimal 5 orang.

"Dalam putusan MK itu, menyatakan bahwa pemilu tahun 2019 mendatang jumlah PPK yang bertugas disetiap masing-masing Kecamatan akan ditambah menjadi minimal 5 orang. Sebelumnya Pilkada serentak bulan Juni 2018 kemarin, jumlah anggota PPK sudah ditetapkan 5 orang. Setelah itu kembali dikurangi dua orang dan ditetapkan jadi 3 orang. Namun setelah keluarnya lagi putusan MK nomor 31/PUU-XVI/2018 tentang proses penambahan jumlah PPK, ditetapkan kembali minimal 5 orang untuk pemilu Legislatif dan pemilihan Presiden tahun 2019 mendatang," jelas Rahmad, Selasa (19/11).

Katanya, adapun mekanisme perekrutan dua calon anggota PPK tambahan ini yang mereka lakukan yakni dengan memanggil kembali tujuh orang calon anggota PPK lainnya yang masuk dalam peringkat 10 besar pada pilkada tahun 2018 kemarin dan kembali dilakukan test wawancara. 

Artinya, pihaknya tidak melakukan perekrutan secara unum, namun hanya merekrut dan melakukan evaluasi terhadap 7 orang yang masuk peringkat 10 besar pada perekrutan umum pelaksanaan Pilkada Paluta beberapa waktu lalu.

"Saat ini peringkat urutan 1 sampai 3 yang masuk 10 besar sudah menjabat. Sehingga, untuk tambahan 2 calon anggota PPK yang baru, kita tinggal seleksi dan evaluasi kembali 7 calon lainnya sesuai urutan berikutnya," terangnya.

Terpisah, S Lubis (27) salah seorang calon anggota PPK yang mengikuti tes wawancara di Kantor KPU Paluta mengaku, sangat terkejut dengan surat panggilan dari KPU untuk mengikut tes wawancara dalam hal seleksi penambahan dua calon anggota PPK pada pemilu tahun 2019 mendatang. 

“Saya sangat merasa senang atas panggilan tes wawancara perekrutan dua calon anggota PPK tambahan ini. Mudah-mudahan dengan seleksi ini, kegagalan yang pertama tidak terulang kembali dan saya akan berusaha untuk bisa lolos dan terpilih menjadi calon PPK meskipun lama tugasnya sampai bulan Juni 2019 mendatang," ungkapnya. 

Lanjutnya, ia juga berharap tim seleksi KPU Paluta yakni Komisioner supaya lebih netral dan tetap profesional dalam hal perekrutan calon anggota PPK tambahan ini. 

Pantauan, sebanyak 84 orang calon anggota PPK yang masuk diperingkat 10 besar sebelumnya kembali mengikuti tes wawancara di Kantor KPU Paluta dalam hal perekrutan untuk dua calon anggota PPK tambahan yang akan bertugas di 12 Kecamatan di Paluta. 

Tes wawancara dibagi dua tahap yakni tahap pertama diikuti 4 Kecamatan dengan jumlah 28 peserta dan tahap dua diikuti peserta dari 8 Kecamatan dengan jumlah 56 peserta. (Dek9)
Editor: Mardan H Siregar 

Ketua KPU Paluta Rahmat Hidayat Siregar SP. (Foto: Akhir S Rambe)




Komentar Anda

Berita Terkini