Pimpinan Umum, Pimpinan Redaksi Beserta Seluruh Jajaran wartawan dan staf HARIAN9, Mengucapkan Selamat Sukses Atas Terbentuknya PD BARUPAS KOTA MEDAN Pimpinan Umum, Pimpinan Redaksi Beserta Seluruh Jajaran wartawan dan staf HARIAN9, Mengucapkan Selamat Atas Suksesnya Pelaksanaan DEKLARASI PADI MINANG SUMATERA UTARA. SABTU, 12 JANUARI 2019, DI RUMAH GADANG BM3 SUMUT JL. ADINEGORO NO. 1 MEDAN

KPU Paluta Tetapkan DPTHP-2 Sebanyak 153.813 Pemilih

Harian 9 author photo

PALUTA| H9
Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) menetapkan daftar pemilih tetap hasil perbaikan (DPTHP) tahap 2 untuk pemilu 2019 sebanyak 153.813 pemilih di kabupaten Paluta.

Penetapan ini sesuai dengan berita acara nomor 357/PL.02.1-BA/1220/KPU-Kab/XI/2018 tentang rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan daftar pemilih tetap hasil perbaikan kedua (DPTHP-2) tingkat kabupaten Paluta Pemilu tahun 2019 yang digelar pada Senin (12/11) lalu di aula Cafe Keluarga.

Ketua  KPU Paluta Rahmat Hidayat SP melalui Komisioner divisi perencanaan dan data M Nafsir Rambe SPdi mengatakan, penetapan ini merupakan hasil rapat pleno setelah sebelumnya dilakukan gerakan melindungi hak pilih (GMHP) dan pencocokan dan penelitian (coklit) terbatas sesuai dengan DP4 yang dikeluarkan oleh Kementerian dalam negeri.

Dikatakannya, KPU Paluta menetapkan jumlah DPTHP-2 kabupaten Paluta sebanyak 153.813 jiwa dengan rincian pemilih laki-laki sebanyak 77.317 jiwa dan pemilih perempuan sebanyak 76.496 jiwa yang tersebar di 12 kecamatan, 388 desa/kelurahan dan 789 TPS yang ada di kabupaten Paluta.

“Ada penambahan pemilih baru yang kita masukkan sebanyak 2.431 jiwa dan kita juga melakukan penghapusan pemilih yang tidak memenuhi syarat sebanyak 1.171 jiwa,” jelasnya kepada wartawan, Rabu (14/11/2018).

Tambahnya, penambahan pemilih baru dan penghapusan data pemilih yang tidak memenuhi syarat ini dilakukan sesuai dengan hasil perbaikan dan coklit terbatas yang dilaksanakan sebelumnya berdasarkan surat edaran ketua KPU RI nomor 1099/PL.02.1-SD/01/KPU/IX/2018 tanggal 20 September 2018 perihal penyempurnaan DPTHP-I atas rekomendasi Bawaslu dan masukan Partai politik peserta Pemilu pada saat rapat pleno terbuka DPTHP-I yang lalu.

Masih menurut Nafsir, selain memasukkan penambahan pemilih baru dan penghapusan pemilih tidak memenuhi syarat, pihaknya juga melakukan perbaikan data pemilih sebanyak 5.854 pemilih serta melakukan rekapitulasi daftar pemilih potensial non KTP el dari hasil tanggapan masyarakat sebanyak 1.548 pemilih.

“Ada juga pemilih potensial yang tidak memiliki KTP el sesuai dengan tanggapan masyarakat dan belum dimasukkan kedalam DPTHP-2 yang nantinya kita koordinasikan dengan pihak Dukcapil untuk segera dicetak KTP el secepat mungkin,” terangnya.

Ia juga menyebutkan bahwa tidak tertutup kemungkinan akan dilaksanakan perbaikan data pemilih tahap ke 3 sembari menunggu perkembangan rekapitulasi tingkat nasional.

“Kita tunggu perkembangan rekapitulasi tingkat nasional. Bisa saja ada tindak lanjut untuk pencermatan kembali atau perbaikan tahap 3. Yang pasti kita akan terus berupaya untuk memastikan warga negara bisa terdaftar dalam DPT untuk pemenuhan hak pilihnya,” tegasnya.

Rapat pleno rekapitulasi DPTHP-2 Pemilu 2019 tersebut diikuti oleh seluruh komisioner KPU Paluta, komisioner Bawaslu Paluta, Disdukcapil Paluta, Setdakab Paluta, Rutan Gunungtua, seluruh PPK dan Panwaslu kecamatan se kabupaten Paluta, Parpol peserta pemilu di kabupaten Paluta beserta undangan lainnya.(dek)


Ketua KPU Paluta Rahmat Hidayat SP menyerahkan berita acara rapat pleno rekapitulasi dan penetapan DPTHP-2 kepada komisioner Bawaslu Paluta Mus Mulyadi Siregar, Senin (12/11) lalu.(Foto:  Akhir S.Rambe)

Komentar Anda

Berita Terkini