MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT"

LPDP Luncurkan Beasiswa Khusus Santri Untuk Pemerataan Kualitas SDM

harian9.com author photo

JAKARTA| H9
Pemerintah sangat menaruh perhatian terhadap peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) di Indonesia. Salah satu bentuknya adalah melalui program beasiswa khusus santri melalui Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). 

Hal ini disampaikan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati pada peluncuran beasiswa LPDP khusus Santri tersebut di Kementerian Agama, Jakarta, pada Senin, (12/11).

Beasiswa yang dikhususkan untuk para santri tersebut memberikan kesempatan bagi para santri untuk melanjutkan pendidikan Master (S2) dan Doktoral (S3) di dalam dan luar negeri. Beasiswa tersebut akan diberikan bagi 100 santri yang lolos seleksi. 

Untuk menjadi negara besar, Indonesia memerlukan SDM yang berkualitas. Oleh karena itu, salah satu caranya adalah memberikan beasiswa bagi para kandidat berpotensi untuk bersekolah di sekolah-sekolah terbaik di dunia.   

“Indonesia dengan 267 juta manusia, mayoritas adalah anak-anak generasi muda dan sebagian cukup besar sekolahnya di pesantren. Santri itu sangat penting untuk meningkatkan sumber daya manusia,” tegasnya.

Program beasiswa ini merupakan bentuk afirmasi keberpihakan Pemerintah dalam mewujudkan keadilan dan kesempatan bagi semua pihak termasuk SDM di lingkungan pesantren untuk meningkatkan kualitasnya di semua lini.

“Mayoritas masyarakat Indonesia, cukup besar sekolah di pesantren. Kalau mereka tidak diberikan afirmasi dan harus bertarung secara terbuka maka mereka tidak akan pernah mendapatkan program prioritas. Itu adalah keputusan politik yang make sense. Karena kalau hanya Indonesia berdasarkan kompetisi sempurna dan cara kompetisinya hanya satu saja, itu tidak adil bagi semua,” tambahnya.

Beasiswa LPDP untuk para santri diharapkan akan berkontribusi mempercepat peningkatan kualitas SDM Indonesia di semua lini kehidupan.

“Jadi kita berharap ini bisa memberikan jalan yang makin cepat bagi kita untuk menaikkan kualitas sumber daya manusia tadi sehingga kita itu disemua lini kehidupan kita memiliki orang-orang cemerlang yang mampu meningkatkan terus-menerus kualitas sumber daya manusia Indonesia,” pungkasnya. 

Sebagai informasi, pendaftaran beasiswa LPDP khusus santri tersebut dilakukan secara online melalui www.lpdp.kemenkeu.go.id akan mulai dari tanggal 15 November sampai dengan 31 Desember 2018. (Kemenkeu/03)
Editor: Mardan H Siregar  

(Foto:Kemenkeu )



Komentar Anda

Berita Terkini