Bursa Inovasi Desa Kabupaten Paluta Resmi di Buka

Harian 9 author photo
PALUTA| H9
Bursa Inovasi Desa (BID) kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) dibuka secara resmi oleh Drs H Bachrum Harahap diwakili Asisten I H Syarifuddin Harahap Ssos di Gedung Serbaguna, Paranginan yang ditandai dengan pemukulan Gong, Kamis (1/11/2018).

Acara dihadiri seluruh Kepala Desa, Ketua BPD, Ketua LKMD, Tim Pengelola Inovasi Desa, Tenaga Ahli, Pendamping Desa se Kabupaten Paluta. Juga dihadiri Anggota DPRD Sumut dari Komisi E Safaruddin Siregar, Kadis PMD Paluta H Ihpan Siregar, Pimpinan OPD, Camat se Kabupaten Paluta, Danramil 05/PB Kapten (CZI) Pahlawan Nasution, Danki C Kapten (INF) Rouf , Kapolsek AKP H Kasmir Sitanggang dan undangan lainnya.

Bupati Paluta Drs H Bachrum Harahap melalui Asisten I Syarifuddin Harahap Ssos pada kesempatan itu mengatakan bahwa desa memiliki faktor kekuatan yang positif, karena memiliki sumber daya alam yang dapat dikelola melalui pemanfaatan potensi Sumber Daya Manusia (SDM) yang tersedia serta dukungan dan partisipasi seluruh masyarakat. 

Kesemuanya ini, tentunya hanya dapat diwujudkan melalui perencanaan yang baik, program yang terorganisir dan berkesinambungan.

Ia juga menyampaikan bahwa kehadiran Bursa Inovasi Desa ini sebagai wadah atau forum penyebaran dan pertukaran informasi agar merangsang munculnya inisiatif yang akan melahirkan berbagai Inovasi di desa. “Kehadiran Bursa Inovasi Desa sebagai wadah atau forum penyebaran dan pertukaran informasi, dirasakan selama ini mampu merangsang munculnya inisiatif yang melahirkan berbagai inovasi, yang selanjutnya dituangkan dalam praktek penyelenggaraan pembangunan dan pemerintahan di desa”, ujar Asisten I H Syarifuddin Harahap.

Untuk itu, guna mempercepat proses pemahaman dan pelaksanaan pembangunan di desa, maka diperlukan langkah-langkah nyata, salah satunya adalah dengan pola inovasi kegiatan, praktik-praktik cerdas atau pengetahuan dalam investasi dana di desa dan kegiatan-kegiatan lainnya melalui penyelenggaraan Bursa Inovasi Desa seperti yang dilaksanakan pada hari ini.

Salah satu Tenaga Ahli (TA) yakni Hamid Silaen dalam paparannya mengatakan bahwa prioritas dana desa adalah pembangunan Ekonomi dan Sumber Daya Manusia dalam bentuk pemberdayaan masyarakat.

Tenaga Ahli lainnya Andi Piliang menambahkan bahwa Program Inovasi Desa merupakan salah satu upaya Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia dalam mempercepat penanggulangan kemiskinan di Desa melalui pemanfaatan dana desa secara lebih berkualitas dan strategis baik dalam bidang pengembangan ekonomi lokal dan kewirausahaan, pengembangan sumber daya manusia, pelayanan sosial dasar, maupun infrastruktur desa.

Program Inovasi Desa salah satu kegiatannya adalah Bursa Inovasi Desa yang diharapkan mampu memicu munculnya inovasi dan pertukaran pengetahuan secara partisipatif dan merupakan salah satu bentuk dukungan kepada desa agar lebih efektif dalam menyusun penggunaan Dana Desa sebagai investasi dalam peningkatan produktifitas dan kesejahteraan masyarakat.

Sementara, Kepala Dinas PMD Paluta H Ihpan Siregar menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mendorong produktivitas dan pertumbuhan ekonomi perdesaan serta membangun kapasitas desa yang berkelanjutan untuk meningkatkan kesejahteraan sosial ekonomi masyarakat dan kemandirian Desa.

Ihpan juga menambahkan bahwa menu bursa yang ditampilkan dalam Bursa Inovasi Desa ini yakni kategori Bidang Ide dan Komitmen, Infrastruktur, Peningkatan SDM dan Kewirausahaan dan Ekonomi lokal.

Di akhir acara Bupati Paluta Drs H Bachrum Harahap yang di wakili Asisten I H Syarifuddin Harahap Ssos bersama Kadis PMD Paluta H Ihpan Siregar dan Anggota DPRD Sumut dari Komisi E Safaruddin Siregar beserta Tenaga Ahli kunjungi 4 stand Bursa Inovasi Desa yang terdiri dari kategori Bidang Ide dan Komitmen, Infrastruktur, Peningkatan SDM dan Kewirausahaan dan Ekonomi Lokal. ()



Komentar Anda

Berita Terkini