MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT"

Riansyah, Raih Penghargaan Duta Maritim Indonesia Tahun 2018.

harian9.com author photo
PADANGSIDIMPUAN| H9
Tanggal 1 Oktober 2018, menjdi hari bersejarah bagi Riansyah Sigit Kurniawan. Remaja asal Kota Padangsidimpuan kelahiran 24 November 1994 ini terpilih mewakili Sumatera Utara sebagai Duta Maritim Indonesia 2018 dan berhasil meraih penghargaan sebagai Duta Maritim Indonesia tahun 2018 kategori Pariwisata.

Penobatan sebagai Duta Maritim Indonesia tahun 2018 kategori Pariwisata ini dilakukan oleh Aspot Mariner Angkatan Laut Laksamana Muda TNI Edi Sucipto, SE, pada malam penganugerahan dan grand final, di gedung Sapta Pesona, Kementrian Pariwisata Republik Indonesia di Jakarta, yang dihadiri Menteri Koordinator (Menko) Maritim Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Pariwisata Arif Yahya, serta Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana Siwi Sukma Adji.

Ditemui di kediamannya di komplek Perumahan Sabungan Indah Kecamatan Padangsidimpuan Hutaimbaru Kota Padangsidimpuan, Senin (12/10), Riansyah Sigit Kurniawan yang merupakan Alumni SMA Negeri 2 Padangsidimpuan angkatan tahun 2012 dan kini sedang mengerjakan tugas akhir di Universitas Negeri Medan (Unimed) dengan mengambil jurusan Pendidikan Biologi. 

Riansyah mengucapkan terimakasih kepada ke dua orang tuanya, Rektor dan Dosen Unimed, Kepada Sekolah dan para guru SMAN 2 Padangsidimpuan serta masyarakat Sumut khususnya Kota Padangsidimpuan, atas doa dan  dukungannya. Sehingga ia terpilih mewakili Sumatera Utara sebagai Duta Maritim Indonesia 2018 dan berhasil meraih penghargaan sebagai Duta Maritim Indonesia tahun 2018 kategori Pariwisata.

Putra pertama dari Ipda Tri Hardjanto, SH yang merupakan anggota Polres Tapanuli Selatan (Tapsel) yang disapa Riansyah ini menuturkan, pemilihan putra-putri Maritim Indonesia 2018 ini digagas oleh Yayasan Putra-Putri Maritim Indonesia bersama Kemenko Maritim dan TNI AL. dalam penyelenggaraan di tahun yang ke-3 ini, 64 finalis nasional yang menjadi perwakilan dari masing-masing Propinsi di Indonesia, setelah menjalani seleksi yang diikuti ribuan pemuda-pemudi Indonesia.

Selanjutnya, sebagai duta Maritim Indonesia, Riansyah berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah, Lantamal I Belawan, serta dengan berbagai komunitas yang bergerak di bidang lingkungan dan kelautan untuk menerapkan informasi dan wawasan kemaritiman yang didapat selama menjalani karantina.

 “ Seluruh finalis menjalani Diklat dan karantina selama 10 hari, yang dipusatkan di markas Kopaska TNI AL Pondok Dayung Jakarta Utara. Selanjutnya para finalis dibekali pemahaman dan materi terkait isu-isu kemaritiman dan misi untuk menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia, “ katanya.

Terpisah, Pemerhati Pendidikan yang juga Ketua Dewan Pendidikan Kota Padangsidimuan M. Yusar Nasution, memberikan apresiasi kepada Riansyah Sigit Kurniawan yang telah membawa nama harum Kota Padangsidimpuan khususnya dan Sumatera Utara umumnya.

“Tentunya, dengan prestasi ini, Riansyah yang merupakan putra asal Kota Padangsidimpuan telah patut diapresiasi karena telah menorehkan sejarah di tingkat nasional khususnya di bidang Kemaritiman dan Pariwisata dan berhasil meraih penghargaan sebagai Duta Maritim Indonesia tahun 2018 kategori Pariwisata, “ terang Yusar. (Wan9)


Komentar Anda

Berita Terkini