Pimpinan Umum, Pimpinan Redaksi Beserta Seluruh Jajaran wartawan dan staf HARIAN9, Mengucapkan Selamat Sukses Atas Terbentuknya PD BARUPAS KOTA MEDAN Pimpinan Umum, Pimpinan Redaksi Beserta Seluruh Jajaran wartawan dan staf HARIAN9, Mengucapkan Selamat Kepada Saudara Ir. KHAIRI AMRI Atas Terpilih Menjadi KETUA PW BARUPAS SUMATERA UTARA PERIODE 2018 - 2023

Tahun 2030 JIP Komitmen Dalam Penanggulangan HIV

Harian 9 author photo

MEDAN| H9
Komitmen Jaringan Indonesia Positif (JIP) wilayah Sumut semakin transparan dalam menangani masalah HIV. Bahkan tahun 2030 pihaknya pastikan komitmen dalam penanggulangan HIV harus tercapai.

Kordinator JIP  Sumut dan Kota Medan, Samara Yudha Arfianto mengatakan, dunia global telah memiliki strategi fast track untuk mengakhiri epidemi aids pada tahun 2030. Dan ini akan tercapai dengan konsep three zero.

"Three zero yaitu, tidak ada lagi penularan HIV, tidak ada lagi kematian akibat Aids dan tidak ada lagi stigma dan diskriminasi baik pada odha maupun kelompok rentan," katanya kepada wartawan Harian9 di Rumah makan Wong Solo Jalan Gajah Mada Medan, Senin (19/11/2018)Sore.

Samara menuturkan, saat ini bagi para odha sering terjadi diskriminasi, didaerah hingga kepelosok di Indonesia. Sehingga untuk mengatasi hal ini banyak lembaga yang membantu untuk memghilangkan stigma ini.

"Tidak seorangpun boleh menghadapi diskrimimasi tentang status kesehatan termasuk HIV aids. Sehingga diskriminasi tidak akan hilang tanpa ada peran aktif dari semua orang untuk bisa mengakhirinya," tuturnya.

Ditambahkannya bahwa banyak fakta terkait diskriminasi atau disebut perlakuan negatif terhadap seseorang yang dikarenakan sesuatu hal, apakah itu kesehatan, kelas sosial, agama maupun kecacatan.

"Dalam sebuah survei 19 negara, seperempat dari orang yang hidup dengan HIV dilaporkan mengalami beberapa bentuk diskriminasi dalam perawatan kesehatannya, dan ini sangat kita sayangnya," ungkapnya.

Agar program HIV dapat berjalan lebih efektif, maka harus mencapai lebih banyak orang yang dapat mengakses kunci diberbagai layanan.Yaitu mobilisasi masyarakat dalam mengakses tes HIV.

"Harus ada sinergi bidang pendidikan, kesehatan, perlindungan dan paling penting kesetaraan gender agar dapat mendorong peningkatan dampak positif dalam program penanggulangan HIV di Indonesia termasuk di Sumut," imbuh Samara. (Jae9)
Editor: Mardan H Siregar 

Kordinator JIP  Sumut dan Kota Medan, Samara Yudha Arfianto pada saat pemaparan di hadapan para awak media yang tergabung dalam Forum Wartawan Kesehatan (FORWAKES). (Foto: Jaenal Abidin)









Komentar Anda

Berita Terkini