Pimpinan Umum, Pimpinan Redaksi Beserta Seluruh Jajaran wartawan dan staf HARIAN9, Mengucapkan Selamat Sukses Atas Terbentuknya PD BARUPAS KOTA MEDAN Pimpinan Umum, Pimpinan Redaksi Beserta Seluruh Jajaran wartawan dan staf HARIAN9, Mengucapkan Selamat Kepada Saudara Ir. KHAIRI AMRI Atas Terpilih Menjadi KETUA PW BARUPAS SUMATERA UTARA PERIODE 2018 - 2023

Tambang Emas Martabe Sambut Pemilik Saham Baru Dengan Acara Tepung Tawar

Harian 9 author photo
Presiden Direktur PT Agincourt Resources, Tim Duffy memberikan daun sirih kepada Frans Kesuma, sebagai perwakilan pemegang saham baru pada acara tepung tawar Rabu (21/11). (Foto : Riswandy)


TAPSEL| H9
Jajaran PT Agincourt Resources selaku pengelola Tambang Emas Martabe menyambut kedatangan pemilik saham baru, dengan menggelar acara tepung tawar atau istilah adat Tapanuli Selatan ‘Mamborgo-borgoi’, yang digelar di lokasi Tambang Emas Martabe, di Batangtoru, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Rabu (21/11).

Upacara adat ini melibatkan ratusan karyawan serta perwakilan masyarakat setempat, para Kepala Desa dan tokoh adat dari 15 Desa lingkar tambang, serta perwakilan Lembaga Komunikasi Masyarakat Martabe (LKMM).

Prosesi adat diawali dengan penyambutan pemilik saham baru yang kini menduduki jabatan pentig di PT Aguncourt Resources yakni, Presiden Komisaris yang baru Frans Kesuma dan Presiden Direktur yang baru Muliady Sutio. Mereka didampingi beberapa perwakilan dari konsorsium EMR Capital, diantaranya Presiden Komisaris Owen Hegarty, Komisaris Anwar Nasution dan Noke Kiroyan.

Proses akuisisi Tambang Emas Martabe yang dikelola PT Agincourt Resources ditargetkan selesai pada akhir November 2018. Sebelumnya pemegang saham utama PT Agincourt Resources, adalah konsorsium yang dipimpin oleh EMR Capital, sebuah perusahaan dana ekuitas pertambangan swasta asal Australia dengan komposisi kepemilikan saham adalah EMR 61,4%, Farallon Capital 20,6%, Martua Sitorus 11% dan Robert Budi Hartono & Michael Bambang Hartono 7%.

Kini kepemilikan PT Agincourt Resources selaku Tambang Emas Martabe resmi digantikan oleh PT Danusa Tambang Nusantara, yang merupakan anak perusahaan PT Pamapersada Nusantara (PAMA) dan PT United Tractors Tbk, salah satu anak perusahaan PT Astra Internasional, Tbk. Sementara itu kepemilikan saham Pemerintah Daerah yakni Kabupaten Tapsel dan Provinsi Sumatera Utara melalui PT Artha Nugraha Agung sebesar 5 % tidak mengalami perubahan.

Presiden Direktur PT Agincourt Resources, Tim Duffy dalam sambutannya menyatakan 2017 merupakan tahun yang paling sukses untuk eksplorasi dan produksi di Tambang Emas Martabe. Cadangan emas meningkat menjadi 4,8 juta ons dan produksi emas meningkat hingga mencapai rekor baru sebesar 355.000 ons.

“ Kami optimistis, dengan pemegang saham baru kinerja Tambang Emas Martabe akan terus tumbuh dan memberi kontribusi yang lebih signifikan bagi masyarakat sekitar khususnya dan umumnya bagi masyarakat Indonesia,” kata Tim Duffy.

Ia menambahkan, Tambang Emas Martabe merupakan tambang emas dan perak terbesar di pulau Sumatera yang telah dan akan terus memberikan manfaat substansial kepada pemerintah Indonesia melalui pajak, royalti, dan deviden. 

“ Tambang ini akan beroperasi setidaknya hingga 2033 dan akan terus membuka peluang pembangunan di Kecamatan Batangtoru dan Muara Batangtoru, Kabupaten Tapsel di tahun-tahun mendatang. Bahkan banyak keluarga yang akan mengalami peningkatan kualitas kehidupan sebagai dampak perkembangan Tambang Emas Martabe, “ terangnya.

Menurutnya, pencapaian operasional dan eksplorasi pada 2017 telah memperkuat fakta bahwa Tambang Emas Martabe merupakan aset emas berkelas dunia. Sementara itu untuk program pada 2018 akan berfokus pada peningkatan produksi dan produktivitas, konversi sumber daya tambahan menjadi cadangan.

“ Kami gembira menyambut kehadiran para pemegang saham baru. Tambang Emas Martabe terus menjalankan kegiatan usaha seperti biasa dan tetap fokus memperhatikan para pemangku kepentingan eksternal kami, izin sosial dan beroperasi secara aman, efisien, dan berbiaya rendah, ” terangnya.

Sementara itu Frans Kesuma menyatakan sangat terharu dengan sambutan yang diberikan tokoh-tokoh adat dan tokoh masyarakat setempat atas kehadirannya sebagai pemegang saham baru proyek Tambang Emas Martabe.

“ Sambutan melalui upacara adat ini sangat serius, bukan main-main, bagi kami maknanya dalam sekali, yang berarti bahwa Bapak-bapak menerima kami dengan tangan terbuka sebagai pemegang saham baru, ” kata Frans.

Terkait program manajemen baru ke depannya, untuk program CSR perusahaan menurut Frans tetap berkomitmen mendukung kegiatan masyarakat di lingkar tambang. Karena, sebagai pemilik baru proyek Tambang Emas Martabe pihknya akan leluasa mengembangkan masyarakat di sekitar tambang.

“ Sejalan dengan kebijakan kami, tentunya kami sangat mendukung apa yang telah dikerjakan oleh manajemen sebelumnya.  Kami berkomitmen tetap melanjutkan kebijakan yang sudah ada bahkan meningkatkan kontribusi bagi masyarakat sekitar tambang. Kami berniat mengembangkan proyek ini semakin baik, untuk itu kami memohon dukungan dari seluruh masyarakat dan para pihak terkait, ” tuturnya.

Senior Manager Corporate Communications PT. Agincourt Resources Katarina Hardono Siburian mengharapkan dengan kedatangan pemegang saham yang baru ini akan menambah semangat baru bagi seluruh karyawan dan kiranya dapat melanjutkan program-program yang telah dirintis sebelumnya khususnya pemberdayaan tenaga kerja local dan tenaga kerja wanita, melalui kesetaraan gender. (Wan9)
Komentar Anda

Berita Terkini