TIM PKMDB Polmed Renovasi saluran Draianse Lingkungan

Harian 9 author photo


MEDAN| H9
Politeknik Negeri Medan (Polmed) turut menunjukkan kepedulian terhadap peningkatan kesehatan pada masyarakat . Hal ini menjadi fokus dari Program Pengabdian Pengabdian Kepada Masyarakat Tahun 2018. Wujudnya adalah di  Desa Mitra Binaan Politeknik yaitu Desa Purwodadi Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang. 

“Hal ini adalah merupakan prioritas dari Program Pengabdian Kepada Masyarakat Desa Binaan Politeknik Negeri Medan yaitu Perbaikan Drainase Dan Jalan yang rusak yang mengakibatkan salururan drainase tidak berfungsi dengan baik sehingga sering meluap bila hujan terjadi di desa tersebut" demikian ungkap Ketua tim perbaikan drainase dan jalan di Desa Purwodadi Kecamatan Sunggal kabupaten Deli Serdang Samiran.SST,MT 

Dikatakannya,  Program ini bergabung para peneliti diantaranya Drs, Yulfalentino,MT dan Sutrisno R. SST.MT. Mereka setelah melakukan penelitian, merencanakan dan melaksanakan program ini dari awal sampai akhir . Program ini bekerja sama dengan warga  desa, telah memperbaiki saluran drainase sepanjang 60 m dengan mengecor dinding saluran dan menimbun jalan bagian tepi yang runtuh akibat dari runtuhnya dinding drainase tersebut. 

“Panjangnya sekitar 60 meter tersebut atas permintaan dari Kepala Desa. Rusaknya saluran drainase itu membuat aliran air limbah rumah tangga terhambat dan membuat kesan kumuh dan tidak sehat “ ungkap Samiran Senin (5/11/2018) di ruang kerjanya, Polmed Komplek USU Medan.

Dijelaskannya, Pendanaan  PKMDB Polmed perbaikan saluran drainase itu  melalui DIPA 2018.  Maka Politeknik Negeri Medan melelui Unit Penelitian dan Pengembangan Kepada Masyarakat (UPPM)  melakukannya secara gotong royong dan melibatkan beberapa tukang. Sehinga masyarakat setempat juga diajak peduli untuk menjaga saluran drainase yang sudah diperbaiki.

"Sekarang saluran tersebut sudah berfungsi kembali dan genangan air yang berada di saluran ini sudah tidak ada. Lingkunan menjadi lebih bersih dan sehat," ucapnya. (01)





Komentar Anda

Berita Terkini