Tingkatkan Disiplin Kehadiran ASN, BKD Paluta adakan Launching dan Pelatihan SIABDI

Harian 9 author photo

PALUTA| H9
Untuk meningkatkan dan memperbaiki absensi serta disiplin kehadiran aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta), Badab Kepegawaian Daerah (BKD) kabupaten Paluta menggelar launching dan pelatihan penggunaan sistem absensi digital (SIABDI) kepada operator organisasi perangkat daerah (OPD) dilingkungan Pemkab Paluta, Selasa (30/10).

Kegiatan yang digelar di aula kantor BKD Paluta dibuka oleh kepala BKD Paluta Hasan Basyri Siregar diikuti oleh operator absensi dan pelaksana seluruh OPD di lingkungan Pemkab Paluta dengan menghadirkan narasumber yakni tenaga ahli sistem informasi BKD diantaranya Tommy ST MKom, Rosydah Siregar ST MKom dan Amir Mahmud Husein MKom.

Kepala BKD Paluta Hasan Basyri Siregar menyampaikan bahwa tujuan utama launching dan pelatihan penggunaan SIABDI kepada seluruh operator ini adalah untuk melakukan sinkronisasi data absen dari mesin absensi ke data absen yang terdaftar pada server SIABDI.

Ia juga menjelaskan, fungsi dari program ini adalah untuk mengetahui sejauh mana para ASN melaksanakan ketaatan dan kewajiban datang serta pulang kerja telat waktu. 

Selain itu, sistem ini dapat digunakan sebagai bahan evaluasi pimpinan untuk memberikan reward terhadap ASN berprestasi, pemberian promosi jabatan atau pemberian punishment (hukuman) terhadap ASN yang tidak obyektif atau tersandung masalah hukum.

“Data absensi dengan sistem inu lebih akurat dan tidak bisa dimanipulasi, obyektif, terukur, akuntabel, partisipatif dan transparan,” ujarnya.

Sementara, dalam laporan ketua panitia yakni kepala bidang pengadaan, pemberhentian dan informasi kepegawaian pada BKD Paluta Imran Affandi Siregar SH MM menyampaikan absensi elektronik adalah suatu sistem yang terdiri dari aplikasi komputer, infrastruktur identifikasi jari, sidik jari dan prosedur yang digunakan untuk mengetahui pegawai masuk kerja dan mematuhi jam kerja melalui identifikasi jari. 

Sidik jari yang digunakan untuk absensi elektronik adalah sidik jari pengguna / user yang bersangkutan, dimana untuk melakukan perekaman pada perangkat absensi elektronik user/pengguna dibantu oleh admin dari Badan Kepegawaian Daerah.

“Aplikasi SIABDI merupakan aplikasi sistem informasi yang mengintegrasikan perangkat mesin absensi dengan teknologi fingerprint atau sidik jari dengan basis data absensi yang melakukan rekapitulasi terhadap tingkat kehadiran, izin, apel dan informasi lainnya,” jelasnya.

Katanya, SIABDI merupakan wujud dari proses digitalisasi data kehadiran sehingga pengolahan data absensi menjadi lebih mutakhir dan dapat diakses secara cepat dan mudah. Aplikasi SIABDI terdiri dari dua aplikasi terpisah yang memiliki fungsi yang berbeda yang diantaranya adalah Aplikasi SIABDI Server dan Aplikasi SIABDI Client.

Lanjutnya, benerapa tujuan dari Kegiatan Sosialisasi Tentang Pelaksanaan Aplikasi Absensi Elektronik Di Lingkungan Pemkab Paluta Tahun 2018 diantaranya, untuk meningkatkan disiplin di lingkungan Pemkab Paluta, agar dapat mengetahui bagaimana cara menggunakan aplikasi absensi elektronik di organisasi perangkat daerah masing-masing, meningkatkan tanggung jawab PNS, mendorong peningkatan kinerja dan perubahan sikap dan perilaku PNS, agar setiap peserta sosialisasi mengetahui tujuan utama undang-undang ASN dan memperkaya literatur dalam disiplin pegawai negeri sipil dan tentang aparatur sipil negara.

“Mudah-mudahan kegiatan ini dapat menambah wawasan serta pengetahuan PNS dilingkungan Pemkab Paluta khususnya peserta sosialisasi dalam penggunaan aplikasi absensi elektronik,” harapnya.

Salah seorang Narasumber Tommy ST MKom dalam pemaparannya menjelaskan bahwa SIABDI Client merupakan aplikasi yang ditujukan untuk melakukan sinkronisasi data absen dari mesin absensi ke data absen yang terdaftar pada server SIABDI. 

Aplikasi SIABDI Client juga digunakan untuk mengelola ID Pegawai yang terdaftar pada mesin untuk proses sinkronisasi. Pengguna yang dapat melakukan akses pada aplikasi ini adalah operator absensi yang berada pada masing-masing OPD dan pengguna dapat menggunakan aplikasi SIABDI Client menggunakan username dan password yang diberikan kepada masing-masing operator. (Dek9)
Editor: Mardan H Siregar 

BKD Paluta mengadakan launching dan pelatihan SIABDI kepada seluruh operator pada OPD lingkup Pemkab Paluta di aula kantor BKD Paluta, Selasa (30/10). (Foto: Akhir S Rambe)


Komentar Anda

Berita Terkini