Pimpinan Umum, Pimpinan Redaksi Beserta Seluruh Jajaran wartawan dan staf HARIAN9, Mengucapkan Selamat Sukses Atas Terbentuknya PD BARUPAS KOTA MEDAN Pimpinan Umum, Pimpinan Redaksi Beserta Seluruh Jajaran wartawan dan staf HARIAN9, Mengucapkan Selamat Atas Suksesnya Pelaksanaan DEKLARASI PADI MINANG SUMATERA UTARA. SABTU, 12 JANUARI 2019, DI RUMAH GADANG BM3 SUMUT JL. ADINEGORO NO. 1 MEDAN

Walikota Dorong Sektor Pariwisata Jadi Produk Unggulan Padangsidimpuan ke Depan

Harian 9 author photo

PADANGSIDIMPUAN| H9
Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, SH mendorong seluruh jajarannya untuk menggalakkan program pariwisata di Kota Padangsidimpuan dan menjadikan sektor pariwisata menjadi produk unggulan daerah.

Hal itu disampaikan Walikota, saat memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Penetapan Produk Unggulan Daerah (PPUD) Kota Padangsidimpuan Tahun 2018 untuk dianggarkan tahun 2020, di Aula Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Baperlitbang) Kota Padangsidimpuan, Komplek Perkantoran Pemko Padangsidimpuan Pijorkoling, Kamis (15/11)

Acara dihadiri seluruh Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemko Padangsidimpuan, para Asisten, Camat dan Kabag di lingkungan Pemko Padangsidimpuan, juga menghadirkan narasumber Lagut Iskandar yang juga Dosen pada Universitas Sumatera Utara (USU) dan dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Padangsidimpuan.

Lebih lanjut Walikota  meyampaikan, secara jujur, bila kita melihat dari potret yang ada di Kota Padangsidimpuan, kiranya dapat sejalan dengan program yang akan di aplikasikan di tahun 2020

Menurut Irsan, saat ini Kota Padangsidimpuan memiliki produk unggulan di sektor industri kecil menengah berupa indistri meubel, pakaian jadi, dll. Untuk sektor pertanian ada produksi olahan salak, ubi kayu dan beberapa jenis tanaman lainnya.Tentunya, di tahun-tahuin mendatang Pemerintah Daerah sudah mulai melirik sektor lainnya yang menjanjikan yakni sektor pariwisata yang bisa dijadikan produk unggulan.

“Kota Padangsidimpuan masih memiliki geografis unruk dikembangkan menjadi daerah wisata seperti wisata alam di Kecamatan Angkola Julu dan Kecamatan Batunadua, serta wisata kuliner dan wisata rohani. Sektor itu cukup menjanjikan dan perlu dorongan kita semua untuk mewujudkannya,“ terang Irsan

Ia juga meminta, segala produk unggulan yang akan ditetapkan, bisa menjadi masukan untuk seluruh OPD terkait dalam menyusun program tahun 2020 dan mengingatkan agar pemangku kepentingan juga untuk serius mengikuti program penetapan produk unggulan tersebut.

“Saya harapkan, setelah rapat ini, PPUD Kota Padangsidimpuan Tahun 2018 yang telah disepakati dan ditetapkan ini harus dijalankan. OPD terkait segera menyiapkan rumusan program di tahun 2019 untuk kita jalankan di tahun 2020 dan tetap berkoordinasi dengan BPS agar program ini sinkron dengan data yang ada di Pemko Padangsidimpuan dan BPS,“ paparnya

Sementara Kepala Badan Perlitbang Ar. Marjoni dalam papaqrannya menyampaikan, di tahun 2019, Pemko Padangsidimpuan telah memprogramkan beberapa produk unggulan khususnya di sektor perdagangan, dengan menyiapkan rumah kemasan, yang nantinya dijadikan galery untuk produk-produk lokal kemasan, sekaligus memfasilitasi kalangan Usaha Kecim dan Menengah Mikro (UMKM), sebagai wujud menggairahkan ekonomi masyarakat Kota Padangsidimpuan.

“Ini menjadi masukan bagi kita semua khususnya OPD terkait, untuk mempersiapkan segala sesuatunya dan tetap berkoordinasin dengan instansi lainnya, sesuai dengan apa yang disampaikan Bapak Walikota Padangsidimpuan,“ ujarnya. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar


Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, SH, saat memimpin Rakor PPUD Kota Padangsidimpuan Tahun 2018 untuk dianggarkan tahun 2020, di Aula Baperlitbang Kota Padangsidimpuan, Komplek Perkantoran Pemko Padangsidimpuan Pijorkoling, Kamis (15/11). (Foto: Riswandy)


Komentar Anda

Berita Terkini