MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT"

Walikota Padangsidimpuan Harapkan Pramuka Menjadi Perekat NKRI

harian9.com author photo

PADANGSIDIMPUAN| H9
Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, SH mengharapkan, Gerakan Pramuka tidak hanya menjadi “Rumah Bersama” bagi generasi muda Indonesia, tapi juga harus menjadi “lem perekat” dari sekat-sekat perbedaan di rumah besar Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Harapan tersebut disampaikan Irsan Efendi Nasution, SH, selaku Ketua Majelis Pembimbing Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Padangsidimpuan, pada upacara apel besar Pramuka dan perkemahan bhakti, dalam rangka memperingati Hari Pramuka ke-57 Tahun 2018, di lapangan SMA-SMK Harapan Yayasan Arrohim Desa Poken Jior dan Caisar Water Park Kecamatan Padangsidimpuan Angkola Julu, Kota Padangsidimpuan, Selasa (13/10).

Kegiatan yang diikuti seluruh anggota Pramuka se Kota Padangsidimpuan, dihadiri seluruh pembina SAKA, para Asisten, seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se-Kota Padangsidimpuan, Wakil Direktur (Wadir) Pembinaan Masyarakat (Binmas) Polda Sumatera Utara AKBP. Parluatan Siregar, SH, MH, para peserta perkemahan dari Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Padangsidimpuan.

Dengan mengangkat tema, ‘Pramuka Perekat NKRI’, Walikota menegaskan, Gerakan Pramuka adalah “Rumah Kita Bersama” dan selamanya akan tetap fokus pada pendidikan generasi muda untuk menjaga dan memajukan NKRI.

“Saya mengajak seluruh anggota Pramuka di daerah ini untuk meningkatkan dedikasi dan kreativitas dalam mengabdi kepada negeri. Pasalnya, tantangan zaman semakin kompleks. Dibutuhkan cara-cara yang lebih kreatif mengajak generasi bangsa melakukan hal-hal positif. Selamat Hari Pramuka Ke-57 tahun 2018, kiranya Gerakan Pramuka dijadikan wadah untuk mendidik dan membina serta memiliki kesetiakawanan,“ terangnya.

Walikota juga berharap, kegiatan apel besar Pramuka dan perkemahan bhakti ini berjalan lancar dan adik-adik anggota Pramuka bisa menerapkan Dasa Dharma Pramuka dalam kehidupan sehari-hari dan melalui kegiatan ini, adik-adik Pramuka dapat memiliki pemahaman terhadap permasalahan bangsa dan menerapkan watak Pramuka sebaik-baiknya karena adik-adik lah calon calon pemimpin bangsa dimasa yang akan datang

“Diharapkan kegiatan ini bisa semakin meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan YME, membangun disiplin dan meningkatkan pengalaman dalam proses pembentukan karakter dan selalu mengedepankan suci dalam pikiran perkataan dan perbuatan,“ tuturnya.

Sementara Ketua Panitia kegiatan Drs. Ibnu Hajar, M.Pd melaporkan, kegiatan apel besar Pramuka dan perkemahan bhakti ini berlangsung selama 4 hari (11 s/d 14 Nopember 2018), yang tujuannya untuk menerapkan nilai-nilai kepramukaan kepada para peserta.

Pria ramah ini memaparkan, pada dasarnya, pendidikan kepramukaan dilaksanakan unuk menerapkan nilai ketuhanan, kebudayaan kepemimpinan, kebersamaan, social, kecintaan pada alam sekitar dan kemandirian kepada peserta didik.

“Peserta upacara apel besar Pramuka dan perkemahan bhakti, dalam rangka memperingati Hari Pramuka ke-57 Tahun 2018 yang berasal dari Gudep Pramuka yang ada di Kota Padagsidimpuan diharapkan dapat menjalani proses pembentukan kepribadian, kecakapan hidup dan akhlak mulia melalui penghayatan dan pengamalan nilai-nilai kepramukaan,“ terang Ibnu.

Ia menambahkan jumlah peserta kegiatan berasal dari anggota Pramuka dari berbagai tingkatan mulai SD hingga Perguruan Tinggi, dengan jumlah 107 Gugus Depan (Gudep) dan total peserta 2449 peserta terdiri dari peserta Penggalang tingkat SD dan SMP sebanyak 1630 orang serta Pembina 318 orang, peserta tingkat Penegak dan Pendega tingkat SLTA sederajat dan Perguruan Tinggi sebanyak 456 orang, serta Pembina 51 orang.

Pada kesempatan itu, Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, SH melalukan penanaman kelapa hijau sebagai simbol Pramuka di Bumi Perkemahan SMA-SMK Harapan Yayasan Arrohim Desa Poken Jior dan Caisar Water Park Kecamatan Padangsidimpuan Angkola Julu, Kota Padangsidimpuan. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar

Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, SH, selaku Ketua Majelis Pembimbing Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Padangsidimpuan, disambut anggota Pramuka pada apel besar Pramuka dan perkemahan bhakti, di lapangan SMA-SMK Harapan Yayasan Arrohim Desa Poken Jior dan Caisar Water Park Angkola Julu, Selasa (13/10). (Foto: Riswandy)











Komentar Anda

Berita Terkini