Walikota PadangsidimpuanBerharap, Mahasiswa PBL FKM USU Beri Kontribusi Positif

Harian 9 author photo
PADANGSIDIMPUAN| H9
Setelah lebih kurang 12 minggu mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, khususnya aspek pengabdian kepada masyarakat, Pengalaman Belajar Lapangan (PBL) para Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara (FKM USU) secara resmi berakhir, yang diisi acara pelepasan mahasiswa di halaman Kantor Walikota Padangsidimpuan,  Kamis (7/11/2018).

Kegiatan yang di tutup Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, SH, dihadiri Wakil Walikota Ir. H.Arwin Siregar, MM, para Asisten, staf  ahli, Kadis Kesehatan Kota Padangsidimpuan H. Letnan Dalimunthe, SKM, pimpinan OPD, Dekan FKM USU Prof. DR Dra. Ifa Yustina, serta para masiswa yang mengikuti PBL.

Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, SH dalam arahannya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya serta apresiasi yang setinggi-tingginya atas pelaksanaan PBL mahasiswa FKM USU dan apa yang kalian lakukan, dapat mengabdikan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memajukan kesejahteraan masyarakat dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Pengabdian kepada masyarakan dapat dilakukan dengan berbagai kegiatan positif.

" Mahasiswa harus mampu bersosialisasi dengan masyarakat dan mampu berkontribusi nyata, karena, seperti yang kita ketahui selama ini bahwasannya mahasiswa adalah agent of change. Maka dari itu mahasiwa harus mengetahui porsi dari tugas masing-masing dalam mengabdi kepada masyarakat, ” ujar Walikota.

Ia mengharapkan, apa yang didapatkan di lapangan dijadikan sebagai pengalaman berharga dalam melanjutkan pendidikan terutama dalam aspek kesehatan masyarakat dan dapat diaplikasikan di dalam perkuliahan.

" Atas nama Pemerintah Kota Padangsidimpuan,  saya berharap 150  mahasiswa FKM USU yang telah menyelesaikan PBL, mampu menerapkan ilmu yang didapat, memberikan solusi, pencerahan dan perubahan serta kontribusi positif pada bidang kesehatan, " ucapnya.

Walikota juga mengucapkan terimakasih, karena para mahasiswa itu telah memilih Kota Padangsidimpuan sebagai tempat lokasi PBL dan ia berharap agar mahasiswa mendapat tambahan keterampilan, informasi, wawasan dan pemahaman terhadap permasalahan dari lokasi kegiatan.

" Meskipun PBL ini berakhir, akan tetapi ilmu dan penelitian yang didapat bisa diterapkan kembali sebelum menyelesaikan masa perkuliahan, " paparnya.

Sebelumnya, Dekan FKM USU Prof. DR Dra. Ifa Yustina menyampaikan, kegistan PBL FKM USU berlangsung  selama tiga bulan yang tersebar di 15 Desa dan 5 Kelurahan di 6 Kecamatan di Kota Padangsidimpuan.

"Kegiatan ini merupakan ajang bagi mahasiswa untuk menatap fenomena yang terjadi di lapangan terutama aspek kesehatan dan diharapkan juga mahasiswa selalu kritis terhadap dinamika sosial sehingga dapat merumuskan dan punya cara terbaik dalam mengatasinya, " terang Yustina. (Wan9).



Komentar Anda

Berita Terkini