Pimpinan Umum, Pimpinan Redaksi Beserta Seluruh Jajaran wartawan dan staf HARIAN9, Mengucapkan Selamat Sukses Atas Terbentuknya PD BARUPAS KOTA MEDAN Pimpinan Umum, Pimpinan Redaksi Beserta Seluruh Jajaran wartawan dan staf HARIAN9, Mengucapkan Selamat Kepada Saudara Ir. KHAIRI AMRI Atas Terpilih Menjadi KETUA PW BARUPAS SUMATERA UTARA PERIODE 2018 - 2023

Walikota Sampaikan Nota R-APBD Kota Padangsidimpuan TA 2019

Harian 9 author photo

PADANGSIDIMPUAN| H9
Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, SH mengajukan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (R-APBD) Tahun Anggaran (TA) 2019, pada Rapat Paripurna peyampaian nota keuangan R-APBD, dipimpin Ketua DPRD Kota Padangsidimpuan Hj. Taty Aryani Tambunan, SH bersama Wakil Ketua Ir. H. Ahmad Yusuf Nasution di gedung Dewan setempat, Senin (19/11).

Paripurna yang sempat di di skors selama satu jam, dihadiri Wakil Walikota Ir. H. Arwin Siregar, MM, para anggota Dewan, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Padangsidimpuan, Sekda Kota Drs. H. Zulpeddi, MM, Sekretsris  DPRD Irfan Bakhri, S.Sos, Para Asisten, Staf Ahli, pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Padangsidimpuan, para Camat dan undangan lainnya.

Mengawali sambutannya, Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, SH dalam nota pengantar R-APBD TA 2019 mengajukan jumlah anggaran sebesar Rp.638 milyar lebih, yang dipergunakan untuk belanja langsung dan belanja tidak langsung.

Walikota merincikan, untuk belanja tidak langsung sebesar Rp.337.382.645.077.-, yang terdiri dari belanja pegawai sebesar Rp.326.337.624.289.-, belanja hibah sebesar Rp.2.835.000.000.-, belanja bantuan social sebesar Rp.2.850.000.000.-, bantuan keuangan kepada Pemerintah Desa sebesar Rp3.860.020.788.- dan belanja tak terduga sebesar Rp.1.500.000.000.-

Sementara belanja langsung sebesar Rp.300.868.858.375.-, terdiri dari, belanja pegawai sebesar Rp.46.077.312.345.-, belanja barang dan jasa sebesar Rp.217.259.451.029.- dan belanja modal sebesar Rp37.532.095.001.-

“Dengan melihat angka-angka indicator pembangunan, yang akan kita capai pada TA 2019, tentunya merupakan salah satu tantangan kepada kita semua, dimana pilar utama pembangunan Kota Padangsidimpuan adalah pemerintah daerah, masyarakat dan dunia usaha. Ketiga pilar inilah yang menjadi ‘Dalihan Natolu’ pembangunan Kota Padangsidimpuan, yang diharapkan akan saling mendukung, bahu membahu dengan semangat Salumpat Saindege dalam berbagai penyelenggaraan perintahan, pelaksanaan pembangunan dan pembinaan masyarakat di Kota Padangsidimpuan,“ ujar Walikota.

Walikota juga meyampaikan, struktur R-APBD TA 2019, penganggarannya tetap berprinsip dan berbasis kinerja serta sesuai dengan kebutuhan penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaa pembangunan dan kemampuan pendapatan daerah.

“Mudah-mudahan akan bermanfaat dalam rangka pembahasan R-APBD TA 2019 yang segera dibahas oleh Badan Anggaran (Banggar)n DPRD Kota Padangsidimouan dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD),“ paparnya.

Usai penyampaian nota keuangan R-APBD Kota Padangsidimpuan TA 2019, dilanjutkan dengan pandangan masing-masing Fraksi di DPRD Kota Padangsidimpuan, diantaranya pandanga Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan melalui juru bicaranya Gunawan Simbolon, yang menyoroti tentang Jembatan Penyeberang Orang (JPO) di Jalan Sudirman Padangsidimpuan yang kondisinya sudah tidak layak pakai dan keropos, sehingga membahayakan keselamatan orang lain. Demikian juga tentang keberadaan bak sampah di Sitamiang yang penggunaannya kurang efisien sehingga tidak bermanfaat.

Sementara dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang disampaikan juru bicaranya H. Mahmudin Nasution, SH mengapresiasi program 100 hari kerja yang dicanangkan Walikota Padangsidimpuan Irsa Efendi Nasution, khususya program Jum,at bersih yang melibatkan jajaran SKPD dan masyarakat Kota Padangsidimpuan guna mendukung visi Kota Padangsidimouan yang berkarakter, bersih dan bersinar.

Setelah mendengarkan pandangan dari masing-masing Fraksi, dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pengajuan R-APBD TA 2019 antara pimpinan DPRD dengan Walikota Padangsidimpuan. 

Terpisah, Sekretaris DPRD Kota Padangsidimpuan Irfan Bakhri, S.Sos yang dikonfirmasi tentang jumlah anggaran yang disampaikan Walikota melalui nota keuangan R-APBD 2019 sebesar Rp.638.251.503.452.-, tersebut mengatakan, anggaran yang diajukan tersebut belum termasuk dana yang bersumber dari pusat dan Propinsi.

“Itu masih anggaran sementara karena sumber anggaran dari pusat berupa Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik, Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan Dana Desa (DD), serta dana propinsi berupa Bantuan Daerah Bawahan (BDB)  belum tercantum, karena masih menunggu Daftar Isian Program Anggaran (DIPA) APBN dan APBD Propinsi,“ terang Irfan. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar

Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, SH didampingi Wakil Walikota Ir. H. Arwin Siregar, MM, menyerahkan nota R-APBD TA 2019, kepada Ketua DPRD Hj. Taty Aryani tambunan, SH pada usai rapat Paripurna peyampaian nota keuangan R-APBD, di gedung DPRD setempat, Senin (19/11). (Foto: Riswandy)









Komentar Anda

Berita Terkini